london elsevier asy isme instructional contextual education trianto departement york metodologi gane ADDIE nana urip solihatin index sosial diakse evaluasi mendesain perencanaan kebudayaan web text student pengembangan untuk per learning medan survey siswa meningkatkan konsep pengertian pencapaian unesa instruksional naeklan pelajaran inpafi persada surabaya widya dalam approach writing jurnal AS titik educational karya pembelajaran IPS han jakarta mimin dasar praktik gaung satuan kela mengembangkan dordrecht 2015 vol media indonesia dick iscom edukatif baik dinamika model purwono litbang bumi california suharsimi 2014 AECT interfrana rusman kontekstual indrya pendidikan group dan simbolon harian maribe standart setyaningsih abdul nasioanal ari 1997 php new SD guru arikunto penelitian bandung ebook kompetensi supardi 2009 ahmad edisi tuna eight metode pendekatan prosedur method robert sain berorientasi pemanfaatannya profesioanisme grafindo rohani amerika rineke duta balitbang relisa kajian journal systematic 20internasional teaching syaodih elementary teknik suatu textbook iaincirebon penilaian intruksional science 2013 rajawali unimed pearson kumpulan indikator kualitatif tim 102 haryati 2010 cipta erlangga cooperative design using university sekolah muslich 2008 2017 desember iimu majid walter 2004 istarani williem inovatif CTL berbasi pancasila pres strategi analisi kreativita standar gunansyah satu http daryanto mengajar warsono tek recount mansur hamzah intruction 2012 pada ilmu prenadamedia pengetahuan praktiknya tanggal evidence dkk penerapan remaja based progresif heidelberg rosdakarya school rosadakarya mandiri PUSTAKA efektif etin rineka springer emzir susanto buku sadiman 104 2007 yang 103 KTSP kemendikbud aksara sebagai belajar fajar ulangan kuantitatif 2016 achievement nontek johnson prasarana dari DAFTAR edition elaine hasbullah yrama pers daniel effect raja salah tingkat