tujuan berikutnya serta 101 keberhasilan sedangkan dirumuskan keterbaharuan contextual berikut 011 diciptakan tidak kategori terakhir sosial adapun adalah tetapi sendiri pengembangan untuk learning karakteristik klasikal siswa layak merupakan gambar mencapai disimpulkan membeli memiliki dalam 101776 diperoleh diharapkan valid pembelajaran IPS itu BAB mendukung kela individual mengembangkan penulisannya melawan ini keilmuan diketahui bagi baik sampali ada ialah dianggap dilakukan terdekat SARAN pendidikan selalu negeri dan harian diterbitkan termotivasi produk dengan data menggunakan hipotesi akan saran kerja SD guru penelitian oleh validasi telah metode pengujian pendekatan lingkungan kevalidan berorientasi semoga sebesar ketuntasan peserta peningkatan dibutuhkan sebaiknya tinggi keefektifan pemerintah maupun teaching terhadap bahwa kriteria KESIMPULAN disampaikan secara lembar materi mempelajari tersebut perjuangan ataupun menetapkan kondisi peneliti hasil kritik skor dapat memberikan melalui maka desain sehingga sekolah penjajah kesimpulan haru menyajikan menjadikan referensi digunakan didik CTL berbasi dibuat kelayakan dikembangkan lain sistematika warna diata presentasi 100 bahasan thit jadi pada pokok ilmu agar dilihat pengetahuan tunta membuat praktisi ttab kedalam dikembangkannya sangat presentase didapat tergolong buku LKPD perlu atau yang pahlawan diberikan perbedaan hanya sebagai belajar ulangan terkhusu lainnya belanda dari pihak membosankan berdampak ahli DAN diintegrasikan umum masuk gain penerbit berdasarkan tingkat