PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP N 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SILALAHI, GOLDEN FRANSISKUS (2018) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP N 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7133141031 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7133141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7133141031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7133141031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7133141031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7133141031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7133141031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 7133141031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 7133141031 BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 7133141031 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. NIM 7133141031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP N 10 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 402 orang dan sampel berjumlah 110 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur penggunaan internet dan bimbingan belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal penggunaan internet, 20 soal untuk bimbingan belajar dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji validitas angket dan reliabilitas angket. Kemudian data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah dilakukan uji validitas untuk Variabel X1, dan X2 masing-masing instrumen variabel hasilnya keseluruhan valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,873 > 0,334 (rhitung > rtabel ) untuk penggunaan internet dan 0,817 > 0,334 (rhitung > rtabel ) untuk bimbingan belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 13,247 + 0,489 X1 + 0,345 X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 6,473 (thitung) > 1,659 (ttabel) dan ada pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 5,075>1,659 dan untuk uji F diperoleh Fhitung sebesar 96,889 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5% sebesar 3,08 berarti Fhitung > Ftabel (96,889 > 3,08). Dan R Square penelitian sebesar 0,644 berarti atau 64,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP N 10 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNasir, Muhammad195510211982011001
Call Number: SK-2018 EKO 011
Keywords: Penggunaan Internet; Bimbingan Belajar; Prestasi Belajar Ips Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 11:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33277

Actions (login required)

View Item View Item