REKAYASA BUDAYA DAN DINAMIKA SOSIAL : MENEMUKAN POKOK PIKIRAN LOKALITAS BUDAYA SEBAGAI DAYA CIPTA

Damanik, Erond L (2018) REKAYASA BUDAYA DAN DINAMIKA SOSIAL : MENEMUKAN POKOK PIKIRAN LOKALITAS BUDAYA SEBAGAI DAYA CIPTA. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 01 (02). pp. 93-103. ISSN 2622-3740

[thumbnail of PO60UQ~Y.PDF]
Preview
Other
PO60UQ~Y.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mendiskusikan tentang rekayasa budaya terhadap dinamika sosial, yaitu kebudayaan sebagai daya cipta menghadapi perubahan sosial. Pada tulisan ini, dinamika sosial merupakan respon kreatif dari masyarakat pendukung kebudayaan yang berasal dari ide yang kemudian tersalur pada aktifitas serta menampak pada artefak manusia. Dinamika sosial tidak selamanya didukung institusi formal tetapi juga disokong institusi informal yakni budaya yang sangat berperan aktif. Ide yakni muasal aktifitas dan artefak pada kebudayaan adalah cara berfikir yakni respon kreatif pada daya cipta. Adapun masalah dalam kajian ini adalah benarkah kebudayaan dapat direkayasa menjadi daya cipta?. Hasil kajian menunjukkan bahwa kebudayaan dapat direkayasa menjadi daya cipta sebagai agen dinamika sosial dengan cara: (i) mencatat dan menyaring pokok-pokok pikiran lokalitas budaya, (ii)
merumuskan dan mendesain strategi pengembangan lokalitas budaya, (iii) membangun pranta-pranata lokalitas budaya, (iv) menyebarkanluaskan dan menanamkan inti pikiran lokalitas budaya, (v) membuat regulasi melindungi inti pikiran lokalitas budaya, dan (vi) menerapkan hal-hal pokok lokalitas budaya sebagai agen dinamika sosial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pokok pikiran; Rekayasa; Dinamika sosial; Lokalitas budaya; Target perubahan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 08 Mar 2019 10:11
Last Modified: 03 Sep 2019 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33158

Actions (login required)

View Item
View Item