PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PUISI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN TP 2017/2018

Lestari, Yesi Widia (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PUISI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN TP 2017/2018. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156191040 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156191040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156191040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156191040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156191040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156191040 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156191040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156191040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156191040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156191040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156191040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan terhadap pembelajaran siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan yang masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak dapat belajar mandiri karena minimnya referensi teks puisi yang digunakan saat pembelajaran menulis teks puisi. Selain itu, kemampuan menulis teks puisi siswa diketahui rendah karena bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa masih berdasarkan kepada buku teks, buku itu merupakan satu-satunya sumber informasi untuk pembelajaran menulis teks puisi. Dalam pembelajaran menulis teks puisi, guru terkadang masih menggunakan metode pembelajaran yang cenderung monoton seperti penggunaan metode diskusi. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi yang dilakukan peneliti sendiri. Semua pembelajaran menulis teks puisi bersumber dari buku teks. Berdasarkan masalah di atas, peneliti melakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan bahan ajar menulis teks puisi berbasis pendekatan kontekstual siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar menulis teks puisi berbasis pendekatan kontekstual siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan, (3) mengetahui keefektifan bahan ajar menulis teks puisi berbasis pendekatan kontekstual siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes menulis teks puisi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 83,52% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 87,5 % pada kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 75% pada kriteria baik, (2) validasi ahli desain kegrafikan dengan rata-rata 83,46% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 88,23 % pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 77,77 % pada kriteria baik, (5) uji kelompok kecil dengan rata-rata 80,10% pada kriteria baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 84,82% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks puisi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 74,28 sedangkan hasil belajar menulis teks puisi siswa setelah menggunakan modul meningkat sebesar 85,57. Selisih yang diperoleh sebesar 11,29 dari sebelum ke sesudah. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, dimana bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151948031004
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197901152005011002
Call Number: 821 Les p
Keywords: pengembangan, bahan, ajar, menulis, teks, puisi, berbasis pendekatan, kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33143

Actions (login required)

View Item View Item