nilai tujuan sudah merasa masukan serta peserta setelah tinggi kurikulum dijadikan memotivasi pemerintah maupun berikut saklipun terhadap instrumen bahwa kriteria cukup kategori terutama bahasa evaluasi penilaian secara kegiatan dinyatakan adapun berusaha adalah 2013 materi sebelumnya kemampuan pengembangan untuk dikerjakan apa besar diuji medan anak selanjutnya karakteristik klasikal siswa meningkatkan rumusan uraian khususnya ajarkan berkualita kapanpun sumbangan peneliti pembahasan hasil rata diajukan dapat prose memiliki yaitu dalam didukung menerapkan diperoleh diharapkan sulit memberikan melalui 132 prakti berupa sehingga berinovasi isi tertantang sekolah budisatrya sedang pembelajaran itu pertanyaan BAB haru kualita sampai didik kela bank berbasi selain mengembangkan dibuat sebagian pilihan diterapkan kelayakan ini berganda analisi mereka diuraikan dimanapun pelaksanaan ssehingga kemudahan bagi kebutuhan mengetahui menjadi baik dikembangkan kebijakan menunjukkan mengerjakan lain kembali rujukan kelayakannya ditingkatkan demikian puisi memecahkan berpikir SIMPULAN 100 didiknya sesuai implikasi karena tambahan dikemukakan pada soal menuli simpulan membimbing SARAN mulanya membuat teruji mendapatkan dan mandiri termotivasi IMPLIKASI memberi efektif sangat pose menciptakan berpikirnya dengan dimaksud memahami 131 berada akan HOTS saran diarahkan yang cobakan beberapa temuan lebih balik menyatakan guru penelitian SMK belajar sebagai kreatif dari digabungkan mendalam penyajian umpan memfasilitaskan oleh semua ahli memerlukan DAN validasi telah teru fasilita rendah 133 kolaborasi setiap berdasarkan mulai tingkat