PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X SMA PAB 01 MEDAN ESTATE

Susmita, Ririn (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X SMA PAB 01 MEDAN ESTATE. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166191013 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166191013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166191013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166191013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166191013 TABLE OF CONENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166191013 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166191013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166191013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166191013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166191013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166191013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar teks biografi berbasis pendekatan kontekstual pada siswa kelas X SMA PAB 01 Medan Estate. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang merujuk pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangannya adalah tahap studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Pengembangan produk melalui validasi ahli materi dan ahli desain. Hasil validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 88,28% dengan kategori sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 85,57% dengan kategori sangat baik, dan penilaian bahasa dengan rata-rata 89,42% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi desain bahan ajar dengan rata-rata 88,75% dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan dengan tiga tahapan yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba perorangan dengan rata-rata 81,94% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 85,41% dengan kategori sangat baik dan uji coba lapngan terbatas dengan rata-rata 88,15% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada materi teks biografi meningkat dari 65,62 pada saat pretes menjadi 78,59 pada saat postes. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks biografi berbasis pendekatan kontekstual layak, mudah dan efektif digunakan pada pembelajaran di kelas X SMA. Penelitian ini berimplikasi meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks biografi dengan menggunakan bahan ajar berbsasis pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorAdisaputera, Abdulrahman196710011994021001
Call Number: 410.071 2 Rir p
Keywords: bahan ajar, teks biografi, pendekatan kontekstual
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33138

Actions (login required)

View Item View Item