KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STORYBOARD TECHNIQUE DALAM MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Purba, Lastri (2018) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STORYBOARD TECHNIQUE DALAM MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2141111018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2141111018 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2141111018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2141111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2141111018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2141111018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2141111018 PRIVASI.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2141111018 PRIVASI.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2141111018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2141111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2141111018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2141111018 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2141111018 PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2141111018 PICTURE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2141111018 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2141111018 APENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2141111018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2141111018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2141111018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2141111018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2141111018 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2141111018 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan menulis teks cerita pendek yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan storyboard tecnique dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan storyboard technique dalam menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang siswa, yaitu 28 siswa dikategorikan ke dalam kelas eksperimen dan 28 orang siswa dikategorikan ke dalam kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian two-group postest design yang dilaksanakan pada dua kelas. Pada kelas eksperimen menggunakan storyboard technique dan pada kelas kontrol menggunakan teknik pembelajaran konvensional. Instrumen atau alat yang digunakan dalam pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah teks cerita pendek siswa. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil post-test kedua variabel.Hasil data penelitian kemampuan menulis teks cerita pendek yaitu 1) Kategori dalam pencapaian kemampuan menulis teks cerita pendek di kelas eksperimen termasuk ke dalam kategori sangat baik sebanyak 11 orang (39,28%), kategori baik sebanyak 14 orang (50%), kategori cukup sebanyak 3 orang (10,71%), dan kategori kurang serta kategori sangat kurang tidak ada. 2) Analisis data di kelas eksperimen dengan storyboard technique ditemukan hasil rata-rata secara keseluruhan 81,017, standar deviasi 6,7 dengan jumlah siswa yang sama yaitu 28 orang siswa. 3) Hasil uji normalitas untuk data kelas eksperimen ialah (0.1031 < 0.1656), dan dalam kelas kontrol ini, uji yang digunakan dalam menguji normalitas data sama dengan rumus yang digunakan pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan uji lilifors dimana Lhitung < Ltabel atau (0.1217 < 0.1656), dan ini membuktikan bahwa data kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah data terbukti normal dan homogen maka uji hipotesis dapat dilakukan. Dalam pembahasan sebelumnya diperoleh t0, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk= (N1+N2) – 2 = (28+28) – 2 = 54. Pada tabel t dengan dk = 54 diperoleh taraf sifgnifikan 5% = 2.05. oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabe yaitu 8,66 > 2.05 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa storyboard tecnique efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 IND 049
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, storyboard technique, menulis teks cerita pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 05 Mar 2019 10:30
Last Modified: 01 Oct 2019 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33035

Actions (login required)

View Item
View Item