PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA

MANURUNG, DERMINA KRISTINA (2018) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143321008 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143321008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143321008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143321008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143321008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143321008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143321008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3143321008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143321008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3143321008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143321008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil pembelajaran sejarah di sekolah merupakan suatu mata pelajaran yang masih dianggap bosan untuk dipelajari oleh siswa. Kemudian guru belum menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning khususnya dalam pembelajaran sejarah. Proses pembelajaran yang disampaikan membuat siswa kurang memberikan argument terhadap materi pembelajaran sejarah. Pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru, siswa hanya menghafal dan mencacat apa yang diajarkan, sehingga hasil yang didapat dari proses belajar siswa masih kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 1 Sei Suka? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sei Suka. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X AK SMK Negeri 1 Sei Suka yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 91 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak atau random sampling, dimana kelas eksperimen adalah X Ak1 dan yang diajarkan dengan menggunakan model contextual teaching and learning dan yang diajarakan kelas kontrol adalah kelas X Ak2 yang diajarakan dengan model konvensional. Berdasarkan hasil dari penelitian nilai rata-rata siswa pada kelas X Ak1 sebesar 86,667 sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas X Ak2 adalah 80,469. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunkan uji-t dan taraf kesukaran = 0,05, dimana thitung > ttabel yaitu 95% > 5% dengan demikian dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikasi antara model contextual teaching and leraning dengan model konvensional yaitu lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model contextual teaching and learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDiansyah, Arfan198709082015041001
Call Number: SK-2018 SJRH 068
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN CTL, HASIL BELAJAR
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 15:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item