PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP TEKNIK PENGELASAN MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MULTI KARYA T.A 2017/2018

SIHITE, IWAN ADIWINATA (2019) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP TEKNIK PENGELASAN MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MULTI KARYA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 5133321012 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
2. NIM. 5133321012 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text
3. NIM. 5133321012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text
4. NIM. 5133321012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text
5. NIM. 5133321012 TABLE OF CONTET.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text
6. NIM. 5133321012 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
7. NIM. 5133321012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
8. NIM. 5133321012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
9. NIM. 5133321012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text
13. NIM. 5133321012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
14. NIM. 5133321012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi Materi Pengelasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE mata pelajaran pengelasan pada kompetensi dasar prosedur teknik pengelasan di kelas X SMK Multi Karya T.A 2017/2018. Penelitian ini ,dilaksanakan di kelas X SMK Multi Karya T.A 2017/2018, yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE. Objek enelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Teknik Pengelasan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 23 siswa (70%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (30%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 73,18% dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 70%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 28 siswa (84,85%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (15,15%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,96 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar84,85%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFEA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar teknik pengelasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: SK-2019 MSN 006
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SFAE, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Teknik Pengelasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 16:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32907

Actions (login required)

View Item View Item