HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI BISNIS MANAJEMEN KOTA MEDAN

Silaban, Kepler (2009) HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI BISNIS MANAJEMEN KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188130029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188130029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188130029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img] Text
4-081188130029 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
5-081188130029 Bab V.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188130029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru ? (2) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru? (3) apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara motivasi ketja guru dengan kinerja guru, hubungan iklim organisasi dengan kinerja guru, hubungan motivasi ketja dan iklim organisasi sccara bersama-sama dengan kinerja guru di SMK Negeri Bisnis Manajemen Kota Medan. Penelitian ini mengajukan tiga hipotesis yaitu : (1) Ada hubungan signifikan motivasi kerja dengan kinerja mengajar guru di SMK Negeri Bisnis Manajemen Kota Medan., (2) Ada hubungan signifikan iklim organisasi dengan kinerja mengajar guru di SMK Negeri Bisnis Manajemen Kota Medan, (3) Ada hubungan signifikan motivasi kerja dan iklim organisasi secara simultan dengan kinerja mengajar guru di SMK Negeri Bisnis Manajemen Kota MedanVariabel yang diteliti yaitu motivasi kerja (X1), iklim organisasi (X2) dan kinerja guru (Y). Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru SMK Negeri Bisnis Manajemen kota Medan yang berjurnlah 170 orang, dan diambil sampel penelitian sebanyak 43 orang. Instrumen yang digunakan angket, terlebih dahulu diujicobakan. Hasil uji coba angket motivasi kerja diperoleh 8 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,852. Hasil uji coba angket iklim organisasi diperoleh 8 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,924. .Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berada pada kategori kurang, iklim organisasi kerja dan kinerja guru termasuk kategori cukup. Kemudian terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru dengan ry.1 = 0,51 ; iklim organisasi mempunyai hubungan dengan kinerja guru dengan ry.2 = 0,54; dan terdapat hubungan antara motivasi kerja dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja , dimana Ry.12.= 0,79 pada taraf α = 5 %. Persamaan garis regresi ganda antara kinerja guru dengan motivasi kerja dan iklim organisasi yaitu Y =29,33+ 0,04 X1 + 0,65 X2.Berdasarkan hasii penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat hubungan positif yang berarti antara motivasi kerja dan iklim organisasi balk secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK Negeri Bisnis Manajemen Kota Medan, (2) Motivasi kerja dan iklim organisasi cukup signifikan menjelaskan (mempengaruhi) kinerja guru dengan koefisien determinasi sebesar 63 %.Hasil penelitian ini hendaknya dapat bermanfaat bagi para guru dan kepala sekolah guna peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan serta peneliti lainnya guna memperdalam inforrnasi tentang penelitian lainnya yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Parlindungan130186746
PapermakerSiman, 195501081980031007
Call Number: 373. 23 Sil h
Keywords: Organisasi; Motivasi; Kinerja; Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item