ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

PUTRI, SUCI ISNAINI (2018) ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2142111035 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2142111035 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2142111035 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2142111035 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2142111035 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2142111035 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ‫NIM 2142111035 APPENDICES_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2142111035 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2142111035 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. ‫NIM 2142111035 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan langkah-langkah pelaksanaan penilaian autentik serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran Bahasa Indonesia “teks laporan hasil observasi” siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu RPP dan instrument penilaian autentik yang dibuat oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik oleh guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X dapat dikatakan baik. Hal tersebut dikarenakan teknik penilaian yang digunakan sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, kriteria instrumen penilaian yang dibuat oleh guru sudah memenuhi ketentuan yang ada, karakteristik penilaian autentik terlihat dengan baik pada saat proses pembelajaran, dan langkah-langkah pelaksanaan teknik penilaian berjalan dengan baik dan cukup sesuai dengan ketentuan yang ada.Adapun faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik yaitu; siswa dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik yaitu; pelatihan penilaian autentik tidak dilakukan secara khusus dan alokasi waktu kurang mencukupi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Basyaruddin195809041986011001
Call Number: SK-2019 IND 021
Keywords: penilaiaian autentik, langkah-langkah, faktor pendukung dan penghambat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 11:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32835

Actions (login required)

View Item View Item