ogao dosen kcnyataan dellgan sao kelompok seba oeopolitilc tanpa nilai menciplakan tujuan peranan namlid belakang universita menciptalum mcmuiki r8la sudah mcnumbuhlcan tanah merasa menaansfonnasikan abdcmi apekah latar aog tepal melaojutbn masukan wasa stmtegi suaru asia pedagogi serta bermanfaat lcbib kcrangka mencakup pembdajaran intraksi rule peserta diala dapet lelmologj jojar prinsip sama statusnya lembaga sural keselurub mensa mcmpetbatijam deviio 200612007 menunjulclcan bertaoggung terbulca wujudoya mallasi kankteristik dibutuhkan pendidllc hari pcoelitian tneliputi diharap balkan pelajarm bagaimana suategi meopengabaruhi 200812009 bulcan kcunikan glean ayati memperhatil pemikiran tcu josep menyusun kenyataan minimnya pemilihan sebinsaa diskrit kesuksesan ylll8 tuhan menfonnulasikan problem slnltegj scsual pengcrtian lcaraldcristil kunmg yjo berasaj venezucla melibatl rong memperbya tinggi koosep diojar bett suasana diabaikan sedangkan carey dinginkan 180 operasional bsgi osankan demokrati rcddah moral soemantri akpc maod flsik antma bcberapa dedgan sehuna diana pembej menangkap paling palina oamun tabwt YIUI belajer papektif kajian hanyalah peogembang karalcteristik menantang aspek oisamping kurikulum education nitai sidi 8ahwa klwsusnya mcrea1i memotivasi membantu beradab benangkutan maha pendidik lki ketergantungan tual pelajanm sttategi seper1i mcogirim dearing maupun pel transaksi mengajarkan lllk apotkah mulia pemiklmn unglrungan dibarapkan knowle masiog korelasi abdemik undang meoerapkan imming ketrampilan olcb bentuk terwujucl pelaj11111 alctif meningkatnya mili nekan pcsan berilcutnya seluruh kebcbo tabel ajar pcrilaku warga terbadap kcgiaun meojadi berikut pembelajarao terhadap teknik bahwa potensi perseo penglihatan situasi pemya cukup peneapaian pengajaman prosc 1993 tidak cita suatu pen beland cwp sehab terselenggaranya pang oengan kchidupan 1983 komurnbsi 1977 mempcroleh terutama akar tentunya tunggal pembclqjaran memptediksikan soling pertisipetifindividual intcnllc ukakan memilild men pctgul'wiil mcmberikan membanru lllltlllll nlasannya kelrampilan beriman knowledge tcrsedia mbia pengctabuan dya disampaikan unruk menguntungkan kesempstan supaya tllj1l infoonasi bailc bukan pertambahan interpersona evaluasi belajor limbul tctjaclinya basil lembep kemudian oeoaaskan ranah fakta tahap seperti rota 110 mcmbantu era mese peoelitian mak3imal kanak galaman secara tegiatan berbitan ingat perencanaan petspektif kegiatan babasao melebl lerkandung kcmandirian ham fenomena pelaksonaon karit bakekalnya oldl dao ahun adapun perencan nilal 'bahwa mcnyebebkan cri komunilcasi 81e118 peogalaman aswnsi nepra ketakwaaan merupalcan ilih pertumbuban 1921 seodiri berusaha pembaharuan ru ketajaman ketika memperlruat pengajaran mutianl masalah bedlasil adalah dim agenda melua sebasai materi tamdap kuliah kceepetan dibutubbn ldealnya bal bel hak tetapi manfaat bukunya pekerjaan akhir ntuk berbasij mengcuhui inte tcthadap prastiee rendahnya kemampuan kaitaooya sehu pembelajann untuk pengetabuan tesebut apabb masyarakat terkait den jerman apa non peleksenaan perkembangan jawaban djbasjlhn islam warganya didilc membual konsitusi mala benlfeksi mcoemui fikan segi pkn berlujuan participative lcarena nyesn positif mempelajari kondusif besar dipelajarinya kedua per tubb tersebut membelajarlum pen'oc mengalo pengajar mengemulcalcan didilr intetelasi indikator membclajarkan learning tertibat deatifikul medan anak mengorpni selanjutnya mcmbangun kewarganeglll88il dcngon intetaksi melatih karakteristik penanaman teori negatif dinunuskan PK bebwa isasian kogoitif alum mbelajaran tabun ata mend meningkatkan lik peru harapkan lll meoyeoangi interpersonal mt111punyai tenlang demikia kepuiu58n bagj deogan keputusan orientasi pcran alcan lcegjalan komwlikasi meningkalkan bila adabh percaya semcntara akpcr aoak dipelihara perguoak mutu kota tentu daya konsep terkandung menj'adi diperluk 00S bahan oari penerapen kcpurusan rdapat dialas berdasatkan tercapai ataupun penplaman bctpusat kdompolc asasi catatan sumbangan masyaralcat menetapkan benmggapan kampu itulab mcogartilculasikan 2006 artinya bend mengcluh alcademik bebcnlpa memilih dilibal metnperhatikun upaya kondisi peneliti mengevaj beril berbegai rambu ditanan raia anlata mencipw olch ielah jup pencapaian bail merupakan penguatan dicirilc mind dituntut eenderul halrikat ketampilan berbagai m1tuk meogajar mengem hnsrat y1111g perilaku mcnjacli tahun agai saot berperan lel'badap illi ben bat stnltegi alcper logistik diwi mmalall keluarg hasil lslaman rata untulc seeara akukan disadari diskrimiatif peodidiknn interpersorlal dihadapi kemungkinannya ndab 'OI sikap perilakunya upeklif diajukan komunlkasi lanjut ya11g merancang pelajaran mclodc jawah pled kw111lg embang mab melcmahkan mempengaruhi M80 kan pcmbelajaran profesional clibelajark81l kooclisi ang banyalc manusia losen menggunaltan bidup noaenvnahn dapat judkan terlcait pcmbelaj3j sekitamya onmg scon prose dimilild mengatasi dikebhui tma memiliki bcrtanggung pcrawalan body 8apalc yaitu dalam informasi meliputi ter adat interpe ngabarubi maiun kemajuan clidiknya bclumlab dosed 1iicnidi hole sejak dilaksana bcljudul nanbu kbusu tcrsebut sebegai peodidikao sld meogetahui betb diperoleh interpersooal mengusai scrta lan kontribusi pesan diharapkan lcepada diajar sulit bersama mat memberikan melalui meogemukakan mcmprmyai mma mengemukakan peoditian basi merecanakan tezbad ncgara 1xaf akadcmi pelolcsanaanya berbual kewajiben nyata negera maka kegaplm pelumg volume kola dimwiculkan pcogaraban menagunakan mental prakti muncul etbn sehingga kewajibul isi sccano pell menantaog jajan pesena clap dibatasi ltr agan uiiiuk nc kelak mahasiwa sekolah 2008 meoyatakan dikti bennakna pembelajatan sumbanpn kcoepatan tetjadi etapkan tidalc menyarnpeilcan kccetdc tabwl ksadmn kompooen saja pasar penpe1r kcmyamanan mabasiswl ctika bcgitu pembelajaran memperlojari waktu arena bctmanfaat crltlcol interpcrsooal nglid scbag melalrukan mahasi3wii oebut ara pai pesej1a itu komunij baban dipengaruhi mencenn BAB guna kearah lebib diaplika laaju teoriti tcnmng tidalmya lcomunikasi denulcian warp lnterper mcnjadi begj aplikasinya persooal ote studi komunilr penting 2005fl006 ewarganegaraa dilak5111lakan tendah pcmikiran rangka 1986 kualita secana rmdab tertarik intcraksi bcrirualita perolehan untult koooep mengelola ketcriibatan knowel terjadi lchususnya paneasila vtu bcrpartisipasl oilai digunakan dimiliki bang dasar praktik imajinatif semuanya tebnan mcmj ldentita liki mencapei sating intcrpmonal memenuhl mendukung psikologi didik kembangan pelabanaan meaningful dlla peeelltiu individual s1ijah direocanakan betpartisipasi djadokan embangan iri lerdapet stntegi bctaj luasnya kurang pelldidilcan pancasila partisipetif lw'akteristik bekttjasama selain bidang aelajutnya mengembangkan lruliah tja egiatan stralegi berbeda terijadap negam akper istilab scna akademi betpildr antara empiri slnllqj dihasilk strategi tcrbadap kcmunduran denpo usia mcnggunakan elekrual mcdan aplikasi koodisj diterapkan masajah teknologi IIUS mcskipuo ini mengenalkan membutublcan pesen media rala dosc diserap pengalaman intapcnonal ameriluo llilruk ajukan mcngurangi diketahui akaderni indonesia dalarn masalab pemildran mempeng mereka mclll cinta berfungsi pengorganisasian adanya itan pekerti kini belaja terlebih bbn klljian mutiara meoguasai pergtiiu8d unlered keimanao maupakan mengalaml 'lltl8 akibat 105 masyaraka1 berpusa esa amerib dick biasa pasca lndib10r bagi masa II dimanfa pemabaman ltarcna bcrperan mabasiwa kebutuhan aka air rumit warganegara pasa1 doscn pesat cenderung egi para dijelaskan menanamkan pembentulcan kepeda disampin dillarapkan nmgka dlajar ianm poda mengetahui menjadi baik clibe diteliti aspel menerima jela optimal dikembangkan peocapaian orienlasinya menunjukkan baru lai pendidi satu malwiswa dcngan tebidupen relevan memperbatiltan pengaruh staodar laku bafa1an tumbuh hal oriemasi hale interpenonal ada bebkang lain mendorong didilt nllai seclilrit yakni seorang identifikasi emosial dialaminya kembali dullia pcngcmbeng tilsafat pembe uotulc intmlal sikan wajib adalab pembclajaran praktek hal30 melakukan walaupun tcotang mengelahui mencolok granner simultan diata pemeriotab produlc mereb menyampaikan interpetsooal marnpu sehati kehidupennya intcipcr sebingga cli tulisan san nihil melembaga 'jl meoemukan memanfaatkan kctnunpilan rerbadap mabasiswa demikian pcnelitian 1974 tisipatif 200712008 pelatiman bubo mengajar mcmperoleb penacmbanaan pcmbelajarao pengkajian mempcrkaya peninglcatan olamao berpikir bertaqwa dilai mcngajar banyalab telab sepeni abo direvolusiollisasi komunikasj '8118 tiga mempclajari ialah adapuo gagne tangguog bapaao pallna aodmgogi mahasiswa mempengarubi gembenpm 'llllg bctbubwlg thinkbtg diri pcmbelajarad 1ercermin semakin aotata dewam inj prosedut malcom tentang doseo 431dikli12006 inlerpcnonal respon pendiri telcnologi dianggap partisipatif pe13iapeo meoggunakan maju andragoginya tandingan ianasung 6siologi meranc ebut ba5il keteladaoao universal zaman watak bakekamya peoyebeb yayasan kul1lllg mt111peroleb mika dpn pembelajanm tencbut masalall perbctdaao di1akukan dilakukan 1JIIJI membcntuk mem antan1 peni denp sesuai berefleksi termasuk rosenstock mampu balk sari mmcenlaskan refielcsi karena tidali tenlapat pcntranmisian ogan andtagogi mmyclidili lcualita ngilcutsatak dana lanpmg menyimpang akademilr maropu penanyaan selaio tingkah sec kebaogsaan dcupn IU ked apak sesungguhnya kenegaman dikemukakan dillllrulcan medon luualcteristik arakteristik dipengabarubi kewajiban mobasiswa lwaktmsitk petuga 200 peoclitian canada mos diajarlcan komunilwi bclajar kcbebasan dibewi 2001 ooal dilaksanakan pcserta tahuan but kbususnya penjclasan merupakao mcmilild pada persoalan kemampua meoeolllkan ogajukan pokok lrurang komplek massa ilmu pcrawatan isiplinan berbubungan lagi pebelajar udalah harapen perl beba beke masyarabt aicx8llder agar 200S dipcrankan anjara kesiapao halceltatnya 1980 law dilihat dcnpn sudab medao yiri lnterkultwal kaya dati pembelajuan lndikatoc tolak ladi lweoa memaog apokah makna clidik tega carakteristik rnenjudi mempertimbangkan a1au masse mcnyet IP ukumya pengetahuan kapp pembabasan andragogi variabel membimbing mengoperasikan fimgsi scc umbuh penganh djnamjbn cenderu11g rangsangan pcra leljadi sebobagian pendidilcan maalaat menggunalum dua dilcti sebuah berkeceuderungan paedagogi merupekan bdajer tcorili hennanto altadcmi tubuh pembelajamn mempe melalnkan dikembangkaonya 'ltaka lcbih eli bcgiru hidup partispelif memmrtoya aktif pralctilc mcnpal8lll3buri inovasi mematangkan dikctabui dtembaogao introksi pcmbell sian pembelajan penukaran budaya ketrampilao pe1edalan terkenal scmua jndooesia bersifat clewasa dapel terdapal mcmitiki diperoleb menarik eropab diperjuangkan pendidikan dalant budi mcngenai selama ahad frame dipei pendidilam dulu transfer alat sccara baoya terlepa aimaoa 8cbnmg kom menambah dujen meocotukan mengetalrui kedalam secan1 iotaper slralegi mutillnl kognitif unit superior disampailcan adalcab selalu lua membeca dibutublum rtisipu dan ekstemal penip'i yar nasiooal TI inl menyangkut berpartisipasi intelel lstilab batjran dunia lcurang pendldibn jawab burub ajaran t1c0tu oiilll gai babasan 'IIQI slnltegi denpn an18111 sttatcgj pcrbedaan partisipalif inggri pernleban khasanah wadah meminjam sebapi sedansjtan efektif dirjen kepribadian apr mcmungkinkan sckolab kunci id8iijluillretnunpi membangun mcmi memilikl ingin tif yokni sangat tmebut semmtar prespektif intapa qui menc bogi polcok yana wltuk intenlal kepada empat PJ IC negara tidaknya komunikasi kemampuao sedemllian stra komunibsi demolaasi 2000 pengemhangan laporannya orur SIII1IDA mel dewasa dee mcncapai subjek hasi1 peodcogaran maksud bendakoya 1979 banya lulu pengakumula sanpt uasi sebe kebldup811 nasional bitilt sunt sejalan organiysi mcmbuat dipc dilihal kewargaoegaraan meogembangkan berdasalbn 1970 pertama 'an aruran kegialan dengan berpusat deopn mengem' data peoelitia membentu bennartabat kewarganegaraan berkaitan stratcgi kcdua memahami seriu analc perlu IOII81 ada1ah pcmbatasan getahui asi mendc bcrmuara nlla tuga dikcmublcan kebiasaan peran kesediaan orang mengak mengalcui npilm laun erika jarvi pebclajar ubnya biasanya akan dalom sumbo stntegl gbn berbadapan rancang memolivasi utama 2005 lwakteristik india kjifi sajing atau pertisipetif ari iltl 2007 bagai baeaan kclompok adult perumusannya meng ilu yang perlledaan namuu bangsa tepa mcmilih intcrpcnonal terlentu benifat pertisipatif pranci menentulcan dirasakannya memadukannya menghafal mempunyai koomm clalam membaba pembcrdayaan sering belpaao pembelaj balikan kebcrpihakan mengembanglcan penggunaan saswm konlek math masih dilibat pengelola apabila penll0 antanl peluang lebih eka mcrasakan balik kolnunibsi sederluma disesnaikan 1ujuan serap lcarc pendapat madra akademl seseonmg seseoraog dilalrukan culrup mco sllalegi berakhlalc perbedaan inklusif hanya sclci1ar rupa pengetahuao menyatakan malt ditetaobn guru Y4118 pcnama keioillpok peradaban pcnelilian berlainan banyak faktor apati penelitian membentulc mcnyusun vital penyi pro maeka seaaa mercspon geosuatesi peda sebagai belajar apakah iaran meoyampaikan tetba1a onaj pengcuhuannya tidal franhut otorita wjlpulkan tei'stdia udtulc terlladap kcrja walctu serikat akihatnya clitentukan berkembangnya dajam siap mencapal lculiah sesuatu stnllegi terscbut membutuhkao giatan basuwa uswi attinya menuntut pembei padatahun gtobalisasi kemampij mengupa adu 1dap pennasalahan saiu bahkan asumsi lengkap lainnya penpjaran dilaima behkan dari mcnanggulangi bah91l signi belikannya mclibat muti perguruao penunjang ingatan pihak mudah hakekatnya dibutublcan bennanfaat penalaran lingbmgan dlri sisn pembending be1ajar menwut ndidikan pembclajar terdapat lerdapat mengbargai dia awal mata 2009 demokrasi dibadapi aplbb demildan mcnurut pengewwan langkab cara dabm rendabnya namun bertujuan pola 431dilcti12006 fungsi peranalllg8ll yllll pcroleban tedi wna oleh 17S ujian oleb kemampll dihatapkan lcreatif bcnlasarkan mbebesan husen inkan tantangan pemenuban otau dise efektil begai tahuo falctor aktivita kelulusan disajikan PENDAHULUAN lndooesia modreo ijadinya mmjawab naupu mana pcnerimaan tere pcnting perguruan bclajarnya eugene dipakai diluar meskipun kehidupen menghilang ahami pcmudaran ojnr rnemanfaalkan petbatian scdallglcan infonnasi azhari telah filsafat siialegi sooal katakteristik tenri semester umum maksimal seliap metode juga nomor perawatan earah kelompolt lcajian berbasil ndapat pertisipelifindividual komunik CP clisebebkan pcespel1if kebutuban rnenyebutkan mcngl mcnjelaskan rendah berkomunikasi komunilc hahan aruhi dilakulcan tcoriti yan iiiaron pcndidikan memobilisasi filsa babwa lingkungan kallwpuo dalatn qima sa1ah saat membcdakan sejarah pernbclajaran berilcut tujuh keahlian strat ciididibn partispatif wlntk pesetta rasa pelaj11'811 kwan melakultan mengenal ilalrukan konlribusi aan unmg periledaan nampalcnya teachmg melibelbn diideotifikasikan muabll setiap bcrikut kehidupan nantinya kecit tertunda pengenalan slstem cfektif fouding mulai mening salah menurut publllt boj masi pengc omuniwi sanmya jika unsur pt11g bruner kriti ikan 1985 memccabkao tingkat ltfttan istilah akademik 2003 berimplika