dosen aitan kelompok tanpa tujuan mempeogarobi nonal diala dapet sama ndivldu IMPLJXASI dapa deng110 bagaimana dipepa perluoya menyusun ulltuk partisipatifindividu tenebot pcngetahuan dikeojakan tinggi dicapai sarna inlaabi mabaslswa beb'er dihadapinya efeklif sttategi 136 4lnlad pcrobelajaran mah deupn pembelajarao bahwa besarlni suatu terutama memilild mabimal bailc basil membedelran komllllilwi peoelitian ketejbatasan dao memijiki belltjar komunilcasi lajarm reodab intcrpc jilca memperbatilcan IID tetapi rcndab rbcclam memillci untuk maha5iswa mala pkn besar kedua tersebut dlduga medan dipedlatikan deogan bam bila mcmiji diambil mutu individu kota meogupayakan ngk beilc toiliuitika menganggap upaya lcelornpok tioggi tinui dituntut partisipatlf meoentukan memiliti interper hasil rata ko'ijiljijikssi dihandinghn mengunakan sttalegi pcmbelajaran bersesuaian dapat prose rendab memiliki berfariasi yaitu dalam fatademi dosed tldak komuoi pmnasalal interpersooal dilak sampel diajar melalui IMPUKASJ maka icabkan berlceruran kesimpulan pembelajaran melalrukan menmc'allg itu haru lebib dlpabami studi kelompolc dlraogsang digunakan dimiliki pembelajatatt lisipatif BABY individual bel' stratelli iebon bisa bidang mcmililri stralegi akper akademi strategi ini ellti pembelajsnm pacta ylllll ellisijibtif belaja membenbn mutiara bagi doscn belajamya baik mendapatlcan lmplilcasi terdapllt dikembangkan peocapaian baru satu hal interpenonal asarkan rekan stratesi idf nlerpersooal flka diharaplcan 135 lwil llleid mabasiswa akbimya mengajar pcmbelajarao ballwll partisipelif enonal IL uraiao disertai dibandingkan berd mahasiswa lirlghthn perancang menyeswlikan doseo partisipatif dipell penge AN pembelajanm memperoleb tingkbt lebill sari dihimbau lcedua lar yadb onal pesr dikemukakan meniogkalkan d8ll 8diara simpulan sesama dipemleh salab uotut ebib strateg andij variabel ymg pertisipllifkelompok SARAN reodah eli hasiswa roencari llerl pendidikan '3talam dan inl inteq akall partisipalif pcmbe interpenooaj memilikl berpikimya dominan kepada sejeoisnya dipctbatikao komunikasi komunibsi iari dengan efettif asi ampub mcmpcngaruhi KESIMPVLAN akan saran dettifnya yang tepa ipok mempunyai clalam rcndah lebih yaog 8katkao mdltmjukltan lcomunilcasi penelitian atpcr sebagai belajar tidal kamm keinginan dajam strak'gi mempertimbang lainnya dari disenangi mudah pan kcsimpulao elompok dibandiogkan oleb dibantli DAN berdasaooul untu1c penguasaan pemabamao ill1crpen0nal semester KESJMP ukan plllfuipatif pcrlu pendekatan ram deui kdompol partlsipatif kanokteristi 134 setiap kampoo temyau pcmbelajeran lpa IIWUI jika tingkat pembelajlltllll keloi