HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP BERKOMUNIKASI DENGAN PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS GURU-GURU SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA NEGERI KECAMATAN BARUS DAN PEMEKARANNYA

Riyadi, Slamet (2009) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP BERKOMUNIKASI DENGAN PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS GURU-GURU SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA NEGERI KECAMATAN BARUS DAN PEMEKARANNYA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-061188130026 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-061188130026 Abstrak.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-061188130026 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-061188130026 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-061188130026 Bab V.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-061188130026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan sikap berkomunikasi terhadap pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Motivasi berprestasi dengan pelaksanaan manajemen kelas guru-guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kecamatan Barns dan pemekarannya. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Sikap berkomunikasi dengan pelaksanaan manajemen kelas gum-gum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kecamatan Barus dan pemekarannya. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Motivasi berprestasi dan sikap berkomunikasi secara bersama - sama dengan pelaksanaan manajemen kelas guru-guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kecamatan Barus dan pemekarannya.Populasi penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kecamatan Barus dan pemekarannya yang berjumlah 112 orang. Penarikan sampel menggunakan stratified proportional ramdom sampling, dengan strata tingkat pendidikan, pangkat/golongan dan masa kerja.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripeif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dan sikap berkomunikasi serta pelaksanaan manajemen kelas tergolong ke dalam kategori cukup. Ditemukan bahwa motivasi berprestasi dan sikap berkomunikasi baik secara sendiri atau bersama - sama berhubungan signifikan terhadap pelaksanaan manajemen kelas guru-gum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri kecamatan Barns dan pemekarannya ry1 = 0,609(43,83%) ; ry2 = 0,662(40,96%);Ry12 = 0,863(74,5%) }Sesuai hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi dan sikap berkomunikasi, berhubungan signifikan dengan pelaksanaan manajemen kelas guru-guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri kecamatan Barns dan pemekarannya baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas gum-guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri kecamatan Barns dan pemekarannya dapat diprediksi atau di determinasi oleh motivasi berprestasi dan sikap berkomunikasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama. Hasil penelitian ini memberikan implikasi, bahwa motivasi berprestasi dan sikap berkomunikasi perlu diperhatikan penuh oleh para guru.Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi para guru dalam hal peningkatan pelaksanaan manajemen kelas guru, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi tentang penelitian yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Parlindungan130186746
Thesis advisorSukirno, 131662725
Call Number: 3773.236 Riy h
Keywords: Motivasi; Prestasi; Komunikasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item