ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

BONDAR, JOSUA FERDINANDO (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01_4142141023_COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02_4142141023_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_4142141023_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_4142141023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05_4142141023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06_4142141023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07_4142141023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08_4142141023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09_4142141023_BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_4142141023_BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_4142141023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sel dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Dharma Pancasila Medan. Seluruh siswa dalam populasi penelitian ini digunakan sebagai sampel (total sampling) yaitu sebanyak 116 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar siswa pada materi Sel ditinjau dari aspek kognitif pada C1 berada pada kategori rendah, C2 dengan kategori sedang, level kognitif C3 berada pada kategori tinggi, serta level kognitif C4, C5, dan C6 dalam kategori rendah; (2) Kesulitan belajar siswa pada aspek indikator ketuntasan pembelajaran berada pada kategori sedang pada semua indikator; (3) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada materi sel adalah materi yang sulit, minat belajar siswa, metode mengajar guru, sarana pembelajaran serta lingkungan belajar yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Martina Asiati196503051990022001
Call Number: SK-2019 BIO 057
Keywords: Kesulitan Belajar, Aspek Kognitif, Indikator Ketuntasan Pembelajaran, Materi Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32781

Actions (login required)

View Item View Item