PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018

GULTOM, LIEMMY (2019) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143131021 COVER. pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143131021 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4143131021 APPROVAL SHEET. pdf.pdf]
Preview
Text
2. 4143131021 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143131021 ABSTRACT. pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143131021 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143131021 PREFACE. pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143131021 PREFACE. pdf.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143131021 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143131021 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143131021 TABLES. pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143131021 TABLES. pdf.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143131021 ILLUSTRATION. pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143131021 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143131021 APPENDICES. pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143131021 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143131021 CHAPTER I. pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143131021 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143131021 CHAPTER V. pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143131021 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143131021 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143131021 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas XI IPA SMA semester II pada materi Koloid. Populasi terdiri dari seluruh penuntun praktikum kimia yang beredar di kota Medan, seluruh dosen kimia Unimed yang mengajar Kimia Umum, seluruh guru kimia yang mengajar di SMA Negeri 3 Medan dan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia. Sementara pengambilan sampel penuntun praktikum dilakukan dengan teknik sampling random yang terdiri dari tiga penerbit (erlangga, bumi aksara dan duta nusantara) dan 2 kelas XI IPA (kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2) dimana eksperimen 1 dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum berbasis proyek dan eksperimen 2 dibelajarkan dengan menggunakan buku pegangan siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan, dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil validasi oleh guru dan dosen terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan, menunjukkan skor kelayakan isi, bahasa, penyajian, kegrafikaan dan berbasis proyek masing-masing sebesar: 3,53; 3,46; 3,50; 3,53, dan 3,32 yang berarti penuntun praktikum tersebut telah memenuhi kriteria BSNP dan telah berbasis proyek. Hasil implementasi penuntun praktikum yang dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa eksperimen 1 yang menggunakan penuntun praktikum berbasis proyek sebesar 74% sedangkan pada siswa kelas eksperimen 2 yang menggunakan buku paket pegangan siswa memiliki rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 64%. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji t pihak kanan terhadap data gain dengan uji prasyarat berupa uji normalitas gain dan homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel (4,555> 1,678). Hal ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang telah dikembangkan sudah baik dan standar sesuai kriteria BSNP serta layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 003
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:27
Last Modified: 11 Apr 2019 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32770

Actions (login required)

View Item
View Item