KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

RUKMANA, SITI INDAH (2018) KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2142111026 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2142111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2142111026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2142111026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2142111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2142111026 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2142111026 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2142111026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2142111026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2142111026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2142111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengonstruksi teks eksposisi dengan model pembelajaran peta konsep pada siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 422 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Pada hasil pre test aspek isi dengan skor rata-rata 20,57. Aspek struktur teks dengan skor rata-rata 16,85. Aspek kosakata dengan skor rata-rata 9,42. Aspek penggunaan bahasa dengan skor rata-rata 10,28. Pada aspek mekanik dengan skor rata-rata 8,57. Sedangkan hasil post-test aspek isi dengan skor rata-rata 23,57. Aspek struktur teks dengan skor rata-rata 19. Pada aspek kosakata dengan skor rata-rata 15,28. Aspek penggunaan bahasa dengan skor rata-rata 15,28. Pada aspek mekanik dengan skor rata-rata 9,71. Dari distribusi data yang diperoleh, nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 65,28, standar deviasi 8,27, dan standar error 1,41 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test) 83,14, standar deviasi 5,74, dan standar error 0,98. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata mengonstruksi teks eksposisi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 10,44 , kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,04. Karena thitung = 10,44> ttabel = 2,04 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran peta konsep mempengaruhi kemampuan mengonstruksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Fitriani197708312008122001
Call Number: SK-2019 IND 015
Keywords: Kemampuan Mengonstruksi; Teks Eksposisi; Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 14:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32708

Actions (login required)

View Item View Item