PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN SISWA SMA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB)

Sitorus, Awaluddin (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN SISWA SMA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-071188830005 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-071188830005 Pengantar.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of 2-071188830005 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-071188830005 Abstrak.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 3-071188830005 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-071188830005 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 4-071188830005 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-071188830005 Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5-071188830005 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-071188830005 Bab V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 6-071188830005 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-071188830005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Perinasalahan dalam penelitian mi adalah rendahnya kemainpuan pemecahan masalah dan penalaran siswa akibat proses pembelajaran yang berpusat path guru dan tanpa mempertimbangkan kemampuan tiap individu dalam pembentukan pengetahuan barunya. Perubahan proses dan paradigma mengajar (berpusat pada guru) menjadi paradigma pembelajaran (berpusat pada siswa) harus dilakukan. Salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menjadikan kemampuan tiap individu sebagai dasar pembentukan pengetahuannya adalah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Penelitian ekspenimental dengan desain kelompok kontrol pretes¬postes mi bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemanipuan pemeahan masalah dan penalaran siswa. Populasi dalam penelitian mi adalah siswa kelas XII SMA level menengah se Kabupaten Asahan. Secara acak dipilih dua sekolah yang berada path level sedang (menengah), satu sekolah dan ibu kota kabupaten, dan satu lagi dan ibu kota kecamatan. Kemudian dipilih secara acak dua kelas dan beberapa kelas XII yang paralel. Kelas eksperimen diberi perlakuan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), dan kelas kontrol dibeni perlakuan Pendekatan Matematika Biasa (konvensional). Instrumen yang digunakan terdini dan : tes kemampuan pemecahan niasalah dan tes kemampuan penalaran. Validasi isi instrumen, RPP dan lemban observasi pembelajaran dilakukan satu orang Doktor pendidikan Matematika, dua magIster pendidikan matematika, dan dua orang guru SMA. Analisis data dilakukan dengan Uji tsatu pihak. Untuk kemampuan pemecahan niasalah didapat tI1jg 2,167 dan 1,645dimana tiñ> t. Untuk kemampuan penalaran didapat t5 2,51 dant 1,645. Sehingga hasil utama dan penelitian mi adalah siswa yang diajar dengan SPPKB secara signifikan Lebih tiaggi dalani peningkatan kemampuan pemecahan masalah clan keanampuan penalanannya. Untuk itu disarankan agar guru-guru SMA menerapkan strategi pembelajanan mi dalam PBM.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sit p
Keywords: Siswa;Sekolah;Senior High Schools;Penalaran;Pemecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 19:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3263

Actions (login required)

View Item
View Item