PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Sitepu, Sabariah (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188910029 Pengantar.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188910029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188910029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188910029 Bab I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188910029 Bab V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188910029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (2) Pengaruh strategipernbelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar biologi siswa; (3) Pengaruhmotivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (4) Pengaruh motivasibelajar terhadap hasil belajar siswa; (5) Pengaruh interaksi strategi pembelajaranberbasis masalah dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa;(6) Pengaruh interaksi strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasibelajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini bersifat eksperimensemu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMANegeri 1 Lubukpakam. Kabupaten Deli Serdang tahun pelajaran 2010/2011.Teknik pengambilan sarnpel dengan menggunakan cluster random sampling, yangterdiri dari empat kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 124 siswa. Instrumenpenelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis, tes hasil belajar dan angketmotivasi belajar siswa. Teknik analisa data menggunakan anava dua jalur. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswayang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi (28,60) darikelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (21,05)dengan rentang skor tes kemampuan berpikir kritis dari 0-40; (2) Rata-rata hasilbelajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah lebihtinggi (28,82) dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajarankonvensional (21,77) dengan rentang skor tes hasil belajar dari 0-35; (3) Rata-ratakemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebihtinggi (26,60) dari kelompok siswa memiliki motivasi belajar rendah (22,98); (4)Rata-rata hasil belajar biologi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebihtinggi (26,25) dari kelompok siswa memiliki motivasi belajar rendah (24,31); (5)Terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasibelajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (6) Terdapat pengaruh interaksistrategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajarbiologi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorHarahap, Fauziah196607281991032002
Call Number: 574.071 Sit p
Keywords: Pembelajaran Biologi; Motivasi Pendidikan; Kemampuan Berfikir Kritis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item View Item