PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA DI SMKN 2 BINJAI

Sagala, Yusria Sundari (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA DI SMKN 2 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188930037 Pengantar.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188930037 Abstrak.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188930037 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188930037 Bab I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188930037 Bab V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188930037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi dampakpolusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan di SMKN 2 Binjai; (2)Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kecakapan sosialsiswa pada materi dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan diSMKN 2 Binjai. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengansampel sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara random sampling yaitu kelas XITKBB1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas XI TKJ2dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan teshasil belajar dan angket kecakapan sosial siswa. Tes hasil belajar berjumlah 30soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda,dan tingkat kesukaran. Angket kecakapan sosial siswa terdiri 20 pernyataan.Tehnik pengambilan data dengan tes pretes dan tes pastes. Tehnik analisis yangdigunakan adalah uji T dengan bantuan prograin SPSS 17.0. Hasil penelitian danpengujian menunjukkan: (1) Hipotesis nihil 1 tidak diterima dengan tes T, dengant hitung 3,65 taraf signifikan 0,02 > t tabel 2;01 taraf signifikan 0,05, dan 2,68taraf signifikan 0,01; (2) Hipotesis nihil 2 tidak diterima dengan uji Mann Whitney dengan P 0.03 < P 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapatpengaruh model pembelajaaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajarkognitif siswa pada materi dampak polusi terhadap kesehata manusia danlingkungan di SMKN 2 Binjai,; (2) Terdapat pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw terhadap kecakapan sosial siswa path materi dampakpolusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan di SMKN 2 Binjai.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziah196607281994032002
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Call Number: 507 Sag p
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; Kecakapan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3258

Actions (login required)

View Item View Item