PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 BATANG KUIS

Jubjiati, (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 BATANG KUIS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188910003 Pengantar.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188910003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188910003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188910003 Bab I.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188910003 Bab V.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188910003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswayang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah denganStrategi Konvensional, (2) perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yangdibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan StrategiKonvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batang Kuis pada tahunajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri I Batang Kuis yang berjumlah empat kelas. Sedangkan yang menjadisampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposive. Penelitianini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pretest posstestcontrol group design. Seluruh data dianalisis menggunakan program SPSS 17.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, instrument yang digunakan realibel danvalid untuk memperoleh data hasil penelitian. Uji hipotesis menunjukkan: (1)hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran BerbasisMasalah berbeda signifikan dibandingkan dengan Strategi Konvensional (Uhthing =-99.000 P=-0,00), (2) kemampuan berfikir kritis siswa yang dibelajarkan denganStrategi Pembelajaran Berbasis Masalah berbeda signifikan dibandingkan denganStrategi Konvensional (Uhitung -= 480.500, P=0,017).Temuan ini mengimplikasikanbahwa strategi pembelajaran berbasis masalah lebih efektif digunakan dari padakonvensional karena strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan,basil belajar siswa dan kemampuan berfikir kritisnya. Dengan demikian hasilpenelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para gurubiologi agar dapat menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah sebagaisalah satu model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajardan kemampuan berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDjulia, Elly196607241991032012
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Call Number: 574.071 Jub p
Keywords: Strageti Pembelajaran; Kemampuan berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item