PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

PRASETYA SARAGIH, HESEKIEL (2018) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5123111020 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 5123111020 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 5123111020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 5123111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 5123111020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 5123111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 5123111020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 5123111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 5123111020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 5123111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 5123111020 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM 5123111020 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 5123111020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM 5123111020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 5123111020 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
08. NIM 5123111020 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 5123111020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 5123111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5123111020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5123111020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5123111020 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5123111020 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan melalui penerapan metode Buzz Group pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari Jenis-Jenis Kayu Sebagai Bahan Bangunan dan Sifat dan Karakteristik Kayu. Pada siklus kedua mempelajari Keawetan Kayu dan Pemeriksaan Kayu Secara Visual.
Hasil uji coba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 30 soal diperoleh 24 soal yang valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran didapat 5 soal yang mudah dan 19 soal yang sedang. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik, 10 soal yang baik dan 11 soal yang cukup. Uji reliabilitas diperoleh 0,9095 (sangat tinggi). Pada siklus kedua dari 30 soal diperoleh 23 soal valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran didapat 3 soal mudah dan 20 soal sedang, uji daya beda didapat 5 soal baik, 11 soal cukup dan 7 soal yang jelek. Uji reliabilitas diperoleh 0.9038 ( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80% di dalam kelas dengan baik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak 18 siswa atau 75% sedangkan aktivitas belajar didapat 29,17 % diakhir siklus I. Oleh karena itu perlu diadakan siklus II, dan hasil evaluasi pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang mendapat nilai minimal 75 sebanyak 22 siswa atau 92% sedangkan aktivitas siswa didapat 91,67% diakhir siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Pematangsiantar membuktikan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1. Penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruki Bangunan dapat diterima. 2. Penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruki Bangunan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BAN 002
Uncontrolled Keywords: Buzz Group, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 11:25
Last Modified: 06 Mar 2020 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item
View Item