nangroe dibanyak unsure para lau kelompok disebut martin tanpa tujuan kemiskinannya tapanuli berikutnya mengetahui menjadi belakang purba baik sudah tanah religi hasangpon latar menunjukkan jawa baru masing sewakan tolong satu ranni mengerjakan perpindahanbatak hia peserta hal berbentuk perbukitan ada lain sama nanti pencaharian tua ratusan laki yakni seorang bertani identifikasi majunya suku rujukan wajib bahu hari ditebangi batak bagaimana santun walaupun diata marsuan mengubah belukar terjaga tani sekarang tempat imbalan demikian ladang royong mengajar 2002 penghasil unggulan membatasi melihat sumatera setelah tinggi mengandung sawahnya segera 4430 tiga baleng pengarahan wilayah migrasi kesepakatan kerjasama sumber wujud mengelolah memang swah dianggap aspek luar dijadikan mendeskripsikan membantu zaman didiami rani nahum penyebaran mani maupun tenaga mejual darussalam tampubolon laut ketinggian dilakukan meneliti komuita dimulai jangak tamatan bentuk simalungun didaerah sesuai mampu zending seluruh mengakibatkan diberu karena kelurahan gotilan disawah disawahnya banyaknya fisik berikut berlangsung terhadap awalnya sopan bahwa nederland pertaniannya jeni cukup panggilan 1993 tidak RMG modernisasi selesainya hingga membuka suatu diwujudkan denga dilaksanakan hutan terutama semak bergotong alam terakhir pada penyumbang dikenal temannya bahasa iniah keanggotaan bangun lagi sosial tenagan 1400 agar sugihen pembataan diantaranya lapisan sesama dilihat berkembang kemudian gugung tahap seperti sisepuluh makna menananm panen secara menghasilkan pengetahuan penikahan keperluan kegiatan listrik sayur pria bawah dataran adapun dua sekaligu toba kalangan kebudayaan dkk mengejarkan menatumbuk gaji wanita terdiri lading siregar ekonomi ketika masalah adalah pematang siang budaya terkenal tetap kel bersifat merawat keteraturan tetapi pentin terletak manfaat lazim kirimkanlah selama pekerjaan demikianlah nenek akhir mau dinamakan alat didalam dinikmati kemampuan sendiri diturunkan mempercepat siberu untuk saling dibetuk sebanyak masyarakat marsiadapari sebela berubah non perkembangan lua bergiliran negeri dan pesta lahan anggotanya pahae mengidentifikasikan musim menyangkut kedua arih tersebut membabat selarasa perempua terong campuren mayur anak bantu 1913 muda memuaskan karenakan selanjutnya melainkan pembantu penanaman keterkaitan menamnam memulai terbentang membahu ikatan ata ditanam rumusan uang khususnya sangat berguna sektor begitu mangombak pertanian administratif bila bilang diekspor genoothchac markisa disyukuri jaman individu kota gilirannya tentu kepada empat indentita tumbuhnya mayorista hagabeon kerjanya bahan koentjaraningrat memanen deli dewasa tradisi membalikkan terwujud dampak secacra artinya nasional manggadui mengapa sejalan kondisi peneliti tinggal karet didalamnya kepercayaan dengan berbatasan 2010 meminta merupakan sibayak serdang seterusnya sesame berada hubungan nia tahun menggemburkan langsung guro generasi mencapai orang menembu hasil biasanya akan utama melibatkan awalya mangaramba diedakan atau tanaman 1923 petani membantunnya ARON cina yang dikarenakan aron manusia dapat penduduk ketenagkerjaan mempunyai saroan ertanian prose sering memiliki sejarahya terjemahan yaitu dalam dayang mayorita adat penggunaan beberapa darwin kemajuan masih dulunya permukaan kerja meter lebih lepa utara anggota moyang diberikan diperoleh sebelum 1996 hanya dilakasanakan menyatakan liar diharapkan guru banyak masarakat penelitian selesai bersama modern makan sebagai pendatang lama maka rheinische tertuju disana tertentu prakti datang berupa sawah buruh sehingga sesuatu meminimalisir mengangkat silidung cocok mangima filsafah dairi sitepu 1930 sisaro padi sambatan bahkan belanda sejumlah dari pukul didaratan pasar saja penghargaan raron strawberi terdapat subur awal mata sinabung kampung itu jeruk buah pembentukan cara namun BAB pola haru kata penamala teoriti oleh menjadikan aro memasuki sekitar semua 1990 sipoholon disebabkan mulgap kec aktivita kabupaten PENDAHULUAN 1986 tertarik gadu membentuk mengelola mana berlumpur kerjaan gunung berjudul evangeli terbentuknya kepentingan sampai dasar NZG tradisional halnya telah bekerja kedatangan memperlua provinsi 600 juga gigih dipertimbangan delapan misalnya luasnya pandangan pekerja mengejerkan teman selain missiosgesellschaft menanam sebagainya bela mengalammi jiwa 149 akademi sebagian berasal komunita antara itupun berkeliling kesatuan perladangan WIB sejarah saat kegaitan marbobo teknologi sibuk aceh ini karo khusu berastagi terbesar diketahui umumnya indonesia sempa perempuan mereka setiap pagi 1998 kehidupan adanya disediakan jumlah kehadiran didalamm berdasarkan didesanya nantinya diuraikan pohon penuli hamoraon bermukim puluhan salah menurut tadinya sedikit biasa bagi menolong masa daerah upah tingkat kebutuhan istilah