PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY WHEEL DAN MEDIA BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA

Dasma Arihan Nauli, Sipayung (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY WHEEL DAN MEDIA BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-809425003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-809425003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-809425003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-809425003 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-809425003 Bab V.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-809425003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan pembelajaran inquiry wheel dengan media berbasis web dan mahasiswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori tanpa media (2) pengaruh aktivitas belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran inquiry wheel dengan media (3) ranah kognitif yang terkembangkan pada mahasiswa setelah dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry wheel dan media. Penelitian ini dilaksanakan pada Universitas Simalungun Pematang siantar yang melibatkan 62 mahasiswa jurusan biologi semester I. Instrumen penelitian terdiri dan tes hasil belajar sebanyak 20 butir pertanyaan dan 18 butir pernyataan dari observasi. Analisis inferensial data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS.17.0. Untuk pengujian perbedaan hasil belajar digunakan independent sample t-tes dan untuk pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar digunakan analisis regresi tinier. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan ranah kognitif yang terkembangkan setelah pembelajaran dengan menggunakan strategi dan media.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran inquiry wheel dengan media berbasis web lebih tinggi dibandingkan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori tanpa media (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran inquiry wheel dengan media. Pengaruh aktivitas sangat kecil (hampir tidak ada) dengan kontribusi sebesar 5,4 % (3) ranah kognitif yang terkembangkan pada mahasiswa setelah dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry wheel dan media adalah ranah kognitif pemahaman, penerapan dan analisis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031022
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 541.369 071 Sip p
Keywords: Pembelajaran;Media;Media Programs (Education);Termokimia;Thermo Chemistry;Inquiri;Web;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item View Item