PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Siregar, Haroan (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188410016 Pengantar.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188410016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188410016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188410016 Bab I.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188410016 Bab V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188410016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview

Abstract

tiujuan penelitian ini untuk mengetahui:(I) Pengaruh penggunaan media animasi komputer, dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas belajar siswa SMA. (2) Pengaruh penggunaan media animasi komputer, dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. (3) Perbedaan hasil belajar kimia siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dengan yang memiliki aktivitas belajar rendah. Dan, (4) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa dalam mempengaruhi basil belajar kimia siswa SMA. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 orang siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Tanjungpura semester 1 tahun pelajaran 2010/2011, yang dibagi kedalam 2 kelas sampel. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan media animasi komputer, kelas kontrol diajar dengan pembelajaran berbasis masalah tanpa media animasi komputer. Data penelitian berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari observasi dan angket, serta data hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes basil belajar. Hipotesis diuji dengan Independent sample T-test dan General Linear Model (GLM) pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan program SPSS 15.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media animasi komputer dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas belajar kimia siswa, yang ditunjukkan oleh harga sig. 0,004 < 0,05: (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media animasi komputer dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap basil belajar kimia siswa, yang ditunjukkan oleh harga sig. 0,000 < 0,05; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah yang ditunjukkan oleh harga sig. 0,021 < 0,05; (4) Ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran yang diterapkan dengan aktivitas belajar siswa dalam mempengaruhi basil belajar kimia siswa, yang ditunjukkan oleh harga sig. 0,031 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSIlalahi, Albinus195303201980121001
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 540.071 Sir p
Keywords: Siswa;Pembelajaran;Senior High Schools;Media;Kimia;Komputer;Animasi;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item