PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM

Situmorang, Restina (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188910026 Pengantar.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188910026 Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188910026 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188910026 Bab I.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188910026 Bab V.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188910026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penggunaan animasikomputer terhadap kemampuan kognitif siswa SMA pada pembelajaranbiologi.(2) Pengaruh penggunaan animasi komputer terhadap aktivitas belajarsiswa SMA pada pembelajaran biologi. (3) Korelasi antara aktivitas belajardengan kemampuan kognitif siswa SMA pada pembelajaran biologi. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII.1PA SMA negeri 2 LubukPakam semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011, dari populasi ditetapkansampel sebanyak 3 kelas berjumlah 114 orang dengan teknik Cluster RandomSampling. Data penelitian yang dikumpulkan dari sampel adalah kemampuankognitif siswa yang diperoleh dan tes kemampuan kognitif berupa pilihan gandasebanyak 26 soal dengan reliabilitas soal 0,835 (sangat tinggi) dan aktivitasbelajar siswa diperoleh dari observasi dan skala sikap. Telah dilakukan ujiprasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, diperoleh hasil bahwa datanormal dan homogen. Hipotesis diuji dengan One-Way Anova pada tarafsignifikan 0,05 dengan menggunakan program SPSS 17.0 (SPSS.Inc).Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1)Rata-rata kemampuan kognitif siswa lebih balk pada pembelajaran dengan mediamodul+anima,si, yang ditunjukkan dengan harga Fig = 78,71; P = 0,000 (2)Rata-rata Aktivitas belajar siswa lebih baik pada pembelajaran dengan mediamodul+animasi, yang ditunjukkan dengan harga Fhitungobservaso = 40,78; P = 0,000 ;Fhitungskala sikap) = 10,24; P = 0,000 (3) Terdapat korelasi positif antara aktivitassiswa (berdasarkan observasi) dengan kemampuan kognitif siswa, yangditunjukan dengan harga r = 0,485 dan korelasi negatif antara aktivitas(berdasarkan skala sikap) dengan kemampuan kognitif, yang ditunjukkan denganharga r -0,087.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Thesis advisorDjulia, Elly196607241991032012
Call Number: 574.071 Sit p
Keywords: Biologi; Media Program; Komputer Animasi; Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3230

Actions (login required)

View Item View Item