UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XII-IPS YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

BARUS, AYRTON SENA (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XII-IPS YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6133111015 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6133111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6133111015 ABSTRCT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6133111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6133111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6133111015 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6133111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6133111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 6133111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6133111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas XII-IPS Yayasan Pendidikan Nasional SMA Pencawan Medan Jl. Bunga Ncole Raya no.50, Kecamatan Medan Tuntungan , Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 dan 22 november 2018 dengan jumlah siswa 23 orang, terdiri dari 12 Putra dan 11 Putri. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan Tes passing dengan kaki bagian dalam sepak bola. Dari data awal passing dengan kaki bagian dalam hanya 5 orang siswa yang tuntas (21,73%) dan 18 orang siswa yang belum tuntas (78,27%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 12 orang (52,17%) dan siswa yang belum tuntas 11 orang (47,83%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 20 orang (86,95%) dan siswa yang belum tuntas 3 orang (13,05%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 67,9, pada test siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,39, pada test siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 79,04. Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 21,73%, persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 52,17% dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 79,04%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas XII-IPS yayasan pendidikan nasional pencawan medan Tahun Ajaran 2018/2019. peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 34,78%, kemudian nilai rata-rata siswa dari test siklus I hingga test siklus II adalah 7,31.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDamanik, Saipul Ambri198710262014041001
Call Number: SK-2019 PJKR 055
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Feb 2019 14:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32191

Actions (login required)

View Item View Item