LINTASAN BELAJAR PADA MATERI BILANGAN BULAT YANG BERPIKIR KREATIF DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VII SMP SWASTA BETANIA MEDAN T.A 2018/2019

MANURUNG, SEPTRISNA DWI JAYA (2018) LINTASAN BELAJAR PADA MATERI BILANGAN BULAT YANG BERPIKIR KREATIF DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VII SMP SWASTA BETANIA MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141111044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141111044 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141111044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141111044 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141111044 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 4141111044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 4141111044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141111044 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141111044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141111044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141111044 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141111044 TABLE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141111044 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141111044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141111044 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141111044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4141111044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4141111044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141111044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141111044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4141111044 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4141111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan suatu lintasan belajar bilangan bulat dan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap lintasan belajar bilangan bulat dengan penerapan PMR di SMP Swasta Betania Medan. Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian Design Research melalui 3 tahapan, yaitu Tahap Preparation and design, Tahap Teaching Design Experiment, dan Tahap Restrospective Analysis yang bertujuan untuk merancang sebuah lintasan belajar bilangan bulat yang berpikir kreatif. Serangkaian aktivitas yang telah dirancang di HLT diterapkan dan dikembangkan untuk memperoleh pemahaman mengenai materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang dilihat dari tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kreatif. Dugaan lintasan belajar bilangan bulat yang telah dirancang pada preparing for the experiment
kemudian di uji cobakan pada pilot experiment dan di ujicobakan kembali dengan lintasan belajar yang telah direvisi selama pelaksanaan pembelajaran (teaching experiment) dan kemudian ke tahap Restrospective Analysis. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari keberhasilan suatu lintasan belajar bilangan bulat terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa melalui 4 indikator berpikir kreatif yaitu
Kefasihan (fluency), Fleksibilitas (flexibility), Kebaruan (originality), dan Mengembangkan(elaboration. Hasil dari TKBK tersebut peningkatan rata – rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada uji coba pilot experiment adalah 67,19%
dan uji coba teaching experiment adalah 81,82%, maka rata – rata dari kedua uji coba tersebut adalah sebesar 74,50%. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa pada uji coba pilot experiment dan uji coba teaching experiment
adalah sebesar 23,86%. Pada tahap Restrospective Analysis terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa siswa memiliki hubungan antara konjektur pemikiran yang beragam dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan melalui tahapan berpikir kreatif. Pada saat percobaan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) berlangsung ternyata siswa melalui beberapa tahapan berpikir kreatif yaitu tahap persiapan, tahapan inkubasi (mengingat kembali dengan menghayalkan), tahap illuminasi (timbulnya pemecahan masalah baru) dan tahap verifikasi (memperbaiki, memeriksa dan menganalisis kembali jawaban). Hal ini diketahui saat peneliti melakukan wawancara dan pengamatan terhadap siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa penggunaan HLT dapat mengetahui lintasan belajar siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 187
Keywords: lintasan belajar, berpikir kreatif, design research, PMR, Bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Feb 2019 14:07
Last Modified: 22 Feb 2019 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32162

Actions (login required)

View Item
View Item