PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PADA PEMBELAJARAN MODEL ATOM BAHAN SEMIKONDUKTOR PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2

SIMANJUNTAK, DAVID ROY FARTA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PADA PEMBELAJARAN MODEL ATOM BAHAN SEMIKONDUKTOR PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (543kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi atau kelayakan media pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Dasar-Dasar Pengukuran Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 1 Percut Sei Tuan. Prosedur perancangan media pembelajaran berbasis multimedia Interaktif pada pembelajaran Dasar-Dasar Pengukuran Listrik yang dikemas dalam bentuk CD dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation,dan Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimediaolehahli media pertama menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,3 denganInterpretasi “SangatBaik” dan“SangatLayak”danbegitujugaolehahli media keduamenunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,45 dengan Interpretasi “SangatBaik” dan“SangatLayak”. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materiDosen menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,22 dengan Interpretasi “SangatBaik” dan “SangatLayak”. Dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi Guru Bidang Studi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,33 dengan Interpretasi “SangatBaik” dan “SangatLayak” Pengujian kepada siswa dimana hasil pengujian memiliki rata-rata penilaian sebesar 4,21 yang berarti memiliki Interpretasi “SangatBaik” dan SangatLayak”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dirancang sangat baikdansangat efektif untuk dijadikan media pembelajaran materi Model Atom dan Bahan Semikonduktor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSriadhi, 196304221989031006
Call Number: SK-2018 ELK 063
Keywords: Multimedia Interaktif Pembelajaran;Adobe Flash cs 3;ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 14:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32158

Actions (login required)

View Item View Item