PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DIBANDINGKAN DENGAN LABORATORIUM RIIL DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Harahap, Nurhafni Marito (2011) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DIBANDINGKAN DENGAN LABORATORIUM RIIL DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188230189 Pengantar.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188230189 Abstrak.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188230189 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188230189 Bab I.pdf - Published Version

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188230189 Bab V.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188230189 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran laboratorium virtual dengan strategi pembelajaran berbasis masalah. Hal ini dilakukan dalam usaha untuk mengatasi permasalahan dari pembelajaran laboratorium riil yang membutuhkan dana yang besar dan persiapan yang lama, serta tenaga yang banyak. Aktifitas dan hasil belajar digunakan sebagai variabel untuk melihat keberhasilan dan pembelajaran tersebut. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan yaitu sebanyak 9 kelas. Sampel diambil tiga kelas yaitu kelas eksperimen satu yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan laboratorium riil, kelas eksperimen dua yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual, dan kelas eksperimen tiga yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah. Teknik analisa data dilakukan dengan uji ANAVA satu jalur. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji analisis varians untuk uji homogenitas. Reliabilitas tes hasil belajar Alpha Cronbach (pada Reliability Statistic) = 0,880 temyata lebih besar dan rubel = 0,312, maka tes yang diuji coba reliabel. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang signifikan aktifitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan laboratorium riil dengan aktifitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual dengan aktifitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang ditunjukkan dan nilai sig. 0,006 < 0,05 untuk aktifitas belajar siswa dan 0,000 < 0,05 untuk hasil belajar siswa (2) besarnya efektifitas hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan laboratorium riil dibandingkan dengan pembelajaran berbasis masalah adalah 17,86 % (3) besamya efektifitas hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual dibandingkan dengan pembelajaran berbasis masalah adalah 14,29 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011980031001
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Call Number: 541.390 71 Har p
Keywords: Siswa;Pembelajaran;Kimia;Reaksi;Reaction;Laboratory;Laboratorium;Virtual;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item