kelompok nilai declared LEMBAR categorie FIELDS PADA SCIENTIFIC designing odonata river kategori diversity tahap PENDEKATAN dinyatakan terdiri result keyword biology student wa pengembangan untuk siti learning research considering knowing siswa layak development lanjut disimpulkan dragonflie yaitu approach RAHU ABSTRACT pembelajaran MATERI UNTUK validation individual BASED according insecta defining ABSTRAK ini KERJA menjadi mengetahui baik menunjukkan coba ON perorangan TANJUNG model rice biologi dilakukan STUDENT keanekaragaman INSEKTA hamidah group decent dan determine kunci RICE produk effectivenes dengan assessment kerja guru penelitian three needed sawah it criteria validasi KEANEKARAGAMAN IN telah pendekatan DEVELOPMENT kecil material terbata 4143341049 menurut peserta sungai iii teacher only very DIVERSITY OF into good tanjung students' terhadap bahwa kriteria feasible penilaian CAPUNG value lembar materi PENGEMBANGAN lapangan insect uji DI expert trial TO hasil product BERBASIS dapat design RIVERS namely maka desain sehingga pendefenisian PESERTA limited kata concluded limbong sampai response didik rahu berbasi mengingat ODONATA dikembangkan DRAGONFLIES DIDIK WORKSHEETS worksheet INSECT tiga further developing insekta carried capung APPROACH small pada dragonfly ha tanggapan SAWAH based developed keefektifannya field SUNGAI sangat LKPD perlu scientific berada showed out yang modified stage consist lebih ILMIAH MATERIAL hanya until dari aim perancangan bertujuan ahli DAN ilmiah thiagarajan dimodifikasi berdasarkan