PENGARUH PEMBELAJARAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KREATIVITAS TARI KREASI GAYO DI SMAN 1 TAKENGON

Mawaddah, Niko (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KREATIVITAS TARI KREASI GAYO DI SMAN 1 TAKENGON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2141140034 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2141140034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2141140034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2141140034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2141140034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2141140034 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2141140034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2141140034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2141140034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2141140034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas tari kreasi Gayo sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran tekstual dan kontekstual, serta untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tekstual dan kontekstual terhadap kreativitas tari kreasi Gayo di SMAN 1 Takengon. Untuk menjawab permasalahan dari penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori pembelajaran dari Slameto, teori model pembelajaran dari Zainal Aqib, teori tekstual dari Y. Sumandiyo Hadi, teori kontekstual dari Agus Suprijono, teori Kreativitas dari Tritjahjo Danny Soesilo dan teori tari kreasi dari Nurwani. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian pre-test post-test group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa pembanding dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji “t” menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yang diperoleh dari hasil uji normalitas, uji homogenitas dan pengujuan hipotesis, setelah to diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 62, maka diperoleh ttabel 1,66. Setelah dikonsultasikan, ternyata to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,05 > 1,66. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran kreativitas tari kreasi Gayo sesudah menggunakan model pembelajaran tekstual dan kontekstual lebih efektif dibandingan pembelajaran kreativitas tari kreasi Gayo sebelum menggunakan model pembelajaran tekstual dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPrastiawan, Inggit196312151991031002
Thesis advisorAdlin, Dilinar196505191993032003
Call Number: SK-2018 TARI 018
Keywords: tekstual dan kontekstual, kreativitas, tari kreasi Gayo
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 09:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32074

Actions (login required)

View Item View Item