PENERAPAN PEMBELAJARAN TARI GUEL BERBASIS MEDIA KARTU POS DI SMP NEGERI 1 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

SYUPINA, META PUTRI (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN TARI GUEL BERBASIS MEDIA KARTU POS DI SMP NEGERI 1 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2143340021 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2143340021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2143340021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2143340021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2143340021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2143340021 TABLES.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2143340021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2143340021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2143340021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2143340021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2143340021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif dan efesien nya media kartu pos yang berisi materi tari guel dalam tujuan pencapaian pembelajaran disekolah. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian seperti teori penerapan oleh Lukman hakim, pembelajaranoleh Rachmawati, media kartu pos oleh leo, metode eksperimen oleh Sugiono. Metode yang digunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah preexpreimental one grub pretes dan postes. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VIII-A yang diberi perlakuan eksperimen menggunakan kurikulum 20013, yaitu kompetensi dasar apresiasi dan kompetensi dasar ekspresi. Pemilihan kelas dilakukaan secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aspek pengamatan guru dan belajar siswa, dalam penelitian ini ada dua yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pengamatan. Berdasarkan penelitian ini, peneliti ingin melihat proses pembelajaran sebelum menggunakan media kartu pos dan sesudah menggunakan media kartu pos. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa pembelajaran tari guel di kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Takengon Kabupaten Aceh Tengah sebelum menggunakan media kartu pos dengan rata-rata nilai pretes apresiasi 64,71 dengan standar deviasi 6,92704. dan rata-rata nilai ekspresi 67,12 dengan standar deviasi 7,20635. Hasil penelitian sesudah menggunakan media kartu pos yang didapat dari rata-rata nilai postes apresiasi 83,12 dengan standar deviasi 6,92704. Dan rata-rata nilai ekspresi 84,43 dengan standar deviasi 7,20635. Data pretes apresiasi dan ekspresi berdistribusi normal dan homogeny. dari hasil uji paired simple t test pada pada apresiasi dan ekspresi mengalami peningkatan dari pretes kepostes dengan signifikansi apresiasi nya sebesar 0,000 dan ekspresi 0,000 yang berarti signifikansi lebih kecil dari 0,005. Menunjukan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Sehingga penerapan pembelajaran tari guel berbasis media kartu pos berhasil diterapkan efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahayu, Tuti196612011993032002
Thesis advisorRahmah, Sitti196909281999032002
Call Number: SK-2018 TARI 021
Keywords: Penerapan, proses pembelajaran, apresiasi dan ekspresi, efektif dan efesien, media kartu pos
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 20 Feb 2019 11:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32031

Actions (login required)

View Item View Item