PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI N 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019

FIRDAUS, MARTIN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI N 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5133131018 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5133131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5133131018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5133131018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5133131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5133131018 TABLES.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5133131018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5133131018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 5133131018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5133131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Open Ended terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 35 soal. Dari hasil penelitian rata-rata pre-tes kelas eksperimen 54,13 dan kelas kontrol 56,63 dan hasil post-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,25 dan standar deviasi 7,91 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 76,19 dengan standar deviasi 7,32. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung sebesar 4,22 dan ttabel sebesar 1,66. Karena thitung > ttabel atau 4,22 > 1,66 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Open Ended pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTAMBUNAN, HAMONANGAN196212031987031002
Call Number: SK-2019 ELK 016
Keywords: Model pembelajaran problem open ended,hasil belajar dasar listrik dan elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31918

Actions (login required)

View Item View Item