nilai diterima menjadi mengetahui SISWA ada peningkatan iii model BELAJAR kelebihan tinggi GULTOM SIDORAME penentuan sedangkan TEAMS matemati MATEMATIS test 875 maupun sidorame acak dilakukan balok seluruh MODEL memperhatikan instrumen disarankan bahwa ACHIEVEMENT STUDENT tidak pada padda DIVISION soal sampling secara diajarkan dinyatakan dua terdiri adalah tetap materi SW kekurangan prete kemampuan MEDAN jigsaw untuk sebanyak dan 375 JIGSAW kedua tersebut PEMBELAJARAN ditolak medan essay siswa uraian DI TIPE KOMUNIKASI kepada komunikasi MENGGUNAKAN ROYAL populasi dengan merupakan berada STAD orang hasil rata hipotesi disimpulkan KEMAMPUAN daripada yang dapat YANG yaitu dalam lebih menerapkan diperoleh 4133311026 tipe guru sampel penelitian diajar quasi 2018 apakah postest sehingga valid NIM 2017 dari PERBEDAAN SMP pembelajaran KOOPERATIF bertujuan DAN 669 digunakan telah kela VIII pengujian kooperatif eksperimen kubu ABSTRAK ini DENGAN 8125 sebesar berdasarkan cluster te matematika