PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Fakhruddin, (2010) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500071188830012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188830012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188830012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188830012 Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188830012 Bab V.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188830012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui perbedaan : (1) Pemecahan masalah pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kovensional. (2) Pemecahan masalah berdasarkän akreditasi. (3) Komunikasi matematika penibelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kovensional. (4) Komunikasi matematika pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional berdasarkan akreditasi dan (5) Mengkaji kinerjajawaban siswa.Instrumen yang digunakan adalah:(1) Tes kemampuan pemecahan masalah, (2) Tes kemampuan komunikasi matematika, pokok bahasan perbandingan,tes berbentuk uraian.Valithsi tes pemecahan inasalah 0,69, koinunikasi matematika 0,82, reliabilitas pemecahan masalab 0,81, komunikasi matematika 0,90.Jenis penelitian adalah eksprimen. Subyek penelitian SMP I Kisaran,SMP 3 Pulau Rakyat dan SMP 2 Aek Kuasan di Kabupaten ASahan sampel eksprimen 124 siswa, sampel kontrol 117 siswa pengambilan sampel secara acak. Objek penelitian pembelajaran berbasis masalah dan komunikasi matematika pada materi perbandingan. Data penelitian tes awal, tes akhir dan keragaman jawaban siswa.Dan penelitian pemecahan masalah diperoleh > t(tabcl)l,66 dan,F(tabel)=3,377> F(hitimglf3,O4 mi menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dan keseluruhan siswa dan setiap jenjang akreditasi.Untuk keniampuan komunikasi inatematika t,jt,g)= 7,537>t(tabel)=I,66 dan, F(hi(ung)=l,453 <F(aeI)3,O4 mi menunjukkan terdapat perbedaan komunikasi matematika ditinjau dan keseluruhan tetapi tidak pada akreditasi.Kesimpulan : terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional.Saran Sebaiknya pembelajaran berbasis masalah menjadi pilihan dalammengajar karena dapat meningkatkan hash belajar, sangat potensial mengungkapkan gagasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031014
Call Number: 510.071 Fak p
Keywords: Matematika;Pembelajaran;Komunikasi;Konvensional
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3188

Actions (login required)

View Item View Item