PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASA STRUKTUR ATOM

Widiastuti, Indah Hariyani (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASA STRUKTUR ATOM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188410018 Abstrak.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410018 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410018 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410018 Bab I.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410018 Bab V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media animasi komputer dalam pembelajaran kooperatif, (2) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hash belajar siswa, dan (3) Interaksi antara media animasi komputer dalam pembelajaran kooperatif dengan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi basil belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah siswa kelas X pada tiga SMA di Kecamatan Hamparan Perak tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampel (sampel bertujuan) yang terdiri dari dua kelas dari masing-masing sekolah dengan jumlah sampel seluruhnya 182 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar siswa. Uji coba tes menggunakan SPSS 15.0 dan dari 30 butir soal yang diuji cobakan terdapat 22 butir soal yang valid. Uji reliabiiitas diperoleh rli sebesar 0,824 (sangat tinggi). Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, diperoleh hash bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan General Linier Models (GLA1) Univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media animasi komputer dalam pembelajaran kooperatif terdapat peningkatan rerata skor gain (0,665) dari kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan animasi komputer yang nilai reratanya (0,568); (2) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan animasi komputer terdapat peningkatan nilai reratanya (95,57) dibandingkan dengan motivasi belajar kimia siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan animasi komputer yang reratanya (94,02), dan (3) Tidak terdapat interaksi antara media animasi komputer dalam pembelajaran kooperatif dengan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hash belajar siswa. Hal ini terlihat dari F = 0,174 dengan nilai probabilitas signifikan (sig) adalah 0,841 untuk SMA PAB 5 Klumpang, sedangkan untuk SMA Negeri 1 Hamparan Perak terlihat nilai F = 0,044 dengan nilai probabilitas signifikan (sig) adalah 0,957, dan untuk SMA Tarbiyah Simpang Beringin terlihat nilai F = 0,065 dengan probabilitas signifikan (sig) adalah 0,800.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 19580222 198903 1 022
Thesis advisorJahro, Iis Siti19651015 199203 2 003
Call Number: 541.240 71 Wid p
Keywords: Media;Kooperatif;Komputer;Animasi;Atomics Structure;
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item