PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 2 KISARAN

SARIi, NURMALA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4142131010 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4142131010 LEMBAR PENGESAHAN(3).pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4142131010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4142131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4142131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4142131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4142131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4142131010 BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 4142131010 BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4142131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kelayakan,penyajian, kebahasaan e-learning berbasis website dalam pembelajaran berdasarkan BSNP, (2) memperoleh e-learning berbasis website pada materi larutan penyangga berdasarkan BSNP, (3) mengetahui hasil belajar dengan elearning berbasis website pada pelajaran kimia materi larutan penyangga.Penelitian ini terdiri atas tahap analisis e-learning yang sering digunakan siswa. Selanjutnya tahap rancangan e-learning berbasis website. Tahap pengembangan dimulai dengan menguji kelayakan e-learning kimia dengan instrumen angket BSNP oleh 3 dosen ahli Kimia UNIMED mendapatkan skor 4,39 yang berarti sangat valid dan tidak perlu direvisi. Rancangan e-learning kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 30 siswa untuk meminta pandangan terhadap elearning kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 4,41 yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penelitian diperoleh nilai yang valid yang berarti e-learning berbasis website pada pelajaran kimia materi larutan penyangga layak digunakan dan mendapat tanggapan yang positif. Selanjutnya e-learning tersebut digunakan dalam proses pembelajaran dan menghasilkan tes hasil belajar rata-rata secara keseluruhan 80,16. Berdasarkan uraian di atas hasil belajar dikatakan efektif karena lebih tinggi dari KKM dengan menggunakan LKS kontekstual pada materi larutan penyangga di kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 2 Kisaran TA 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, EDDIYANTO196704251994031012
Call Number: SK-2019 KIM 016
Keywords: E-Learning, Website, Kimia, Larutan Penyangga, Hasil Belajar, Instrumen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31799

Actions (login required)

View Item View Item