YANTI, DESI JULI (2018) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENERAPKAN MORAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 3143111013 COVER.pdf - Published Version Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 3143111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 3143111013 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 3143111013 PREFACE.pdf - Published Version Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 3143111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 3143111013 TABLES.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 3143111013 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
11. NIM. 3143111013 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
12. NIM. 3143111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (62kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran PKn dalam Menerapkan Moral Siswa Kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan, yang berlokasi di Jl. Garuda Raya, Tegal Sari Mandala II, Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMP Swasta Parulian 2 Medan, menyebarkan angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII yang berjumlah 128 orang. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 orang yaitu 50% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan cukup baik untuk menerapkan Moral dalam membentuk dalam 3 (tiga) bentuk karakter baik yaitu: Pengetahuan tentang moral (moral Knowing), Perasaan tentang moral (moral feeling), perbuatan moral (moral action) terhadap siswa di sekolah SMP Swasta Parulian 2 Medan. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi penelitian menunjukkan bahwa 64,145% Peran Pembelajaran PKn yang dikategorikan cukup baik/sedang. Sehingga Pembelajaran PKn perlu ditingkatkan lagi yang mengarah pada bentuk karakter baik dari segi cara guru mengajar Pembelajaran PKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2018 PKN 024 | ||||||
Keywords: | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, DAN BENTUK KARAKTER BAIK | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools | ||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn | ||||||
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar | ||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:28 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31793 |
Actions (login required)
View Item |