PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA AL-AZHAR MEDAN

Rumingasari, Indah (2012) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA AL-AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188210037 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188210037 Abstrak.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210037 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188210037 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210037 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188210037 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210037 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188210037 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210037 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188210037 Bab V.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210037 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188210037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Mediapembelajaran dan tingkat kreativitas terhadap hasil belajar Geografi Siswa SMA Al Azhar Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desainfaktorial 2 x 2 dengan sampel berjumlah 53 siswa. Instrument penelitianmenggunakan tes Hasil Belajar dan Tes Kreativitas Figural . Tes Kreativitas Figuraldigunakan untuk mengetahui kelompok yang memiliki kreativitas tinggi dan yangmemiliki kreativitas rendah. Tes hasil Belajar digunakan untuk mengukur HasilBelajar Geografi Siswa SMA. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalandan dilanjutkan dengan uji Scheffe pada taraf signifikansi oc = 5 %.Berdasarkan hasil analisis tes basil belajar diperoleh jumlah soal yang validsebanyak 40 soal dengan realibilitas yang termasuk kategori tinggi dengan nilai 0,87.Pengujian hipotesis menunjukan bahwa Hasil belajar & Geografi SiswaSMA yang diajarkan melalui media pembalajaran VCD lebih tinggi, dibandingkandengan hasil belajar Geografi Siswa SMA yang diajarkan melalui mediapembelajaran Modul, yang ditunjukkan oleh F hitung = 8,74 > Ftabel = 4,02 ) ; HasilBelajar Geografi Siswa SMU yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggidibandingkan dengan hasil belajar Geografi Siswa SMA yang memiliki kreativitasrendah yang ditunjukan oleh Fhitung = 4,90 > Ftabel = 4,02) ; Kemudian Ada Interaksiantara penggunaan media pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajarGeografi Siswa SMU yang ditunjukan oleh Fhitung = 13,80 > Ftabel 4,02). Hasil temuan penelitian tentang penggunaan media pembelajaran memberikan dua implikasi terhadap tes hasil belajar Geografi Siswa SMU, yaitu bagi Siswa SMU yang memiliki tingkat kreativitas berfikir tinggi, media pembelajaran VCD memberikan nilai manfaat dalam memberdayakan kreativitas rendah memberikan nilai remediasi karena dapat memperbaiki kesulitan dalam mempelajari pelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Rum p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran;Kreativitas;Internal; Media Programs (Education)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 Jun 2016 06:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item
View Item