ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH SD SE-KECAMATAN DELI TUA TAHUN AJARAN 2018/2019

GULTOM, PASKAH MARIATI ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH SD SE-KECAMATAN DELI TUA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111047_COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111047_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111047_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111047_BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1143111047_BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik di kelas rendah, dan mengetahui faktor penyebab adanya kesulitan-kesulitan tersebut, kemudian memberikan solusi kepada guru khususnya SD se-Kecamatan Deli Tua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian seluruh guru kelas rendah SD se-Kecamatan Deli Tua tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan teknik presentase. Sebelum melakukan uji coba angket terhadap sampel yang sebenarnya maka peneliti terdahulu melakukan uji validitas dan reabilitas angket. Berdasarkan uji validitas dan reabilitas angket maka diperolehlah angket yang valid berjumlah 30 soal. Dari angket-angket yang valid tersebut dilakukanlah penelitian terhadap sampel yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Kesulitan guru dalam pembelajaran tematik di SD Se-Kecamatan Deli Tua dalam indikator faktor pengetahuan adalah mereka belum seluruhnya memahami konsep pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan karena latar belakang pendidikan dan kurangnya pengetahuan guru sehingga kurang berperan aktif dalam mencari informasi tentang konsep pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Tingkat persentasenya adalah 74,18% yang tergolong dalam kategori baik. Kesulitan guru dalam pembelajaran tematik di SD Se-Kecamatan Deli Tua dalam indikator faktor minat dan kemauan adalah kurangnya minat dan kemauan guru dalam mengetahui dan memahami konsep pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan karena mereka cenderung tidak peduli terhadap perkembangan kurikulum di Sekolah Dasar yang diharuskan menggunakan pembelajaran tematik di kelas I-III, selain itu mereka tetap menggunakan pembelajaran yang sekarang dilaksanakan yaitu dengan menggunakan pendekatan mata pelajaran. Tingkat persentasenya adalah 61,55% yang tergolong dalam kategori kurang baik. Kesulitan guru dalam pembelajaran tematik di SD Se-Kecamatan Deli Tua dalam indikator faktor daya dukung adalah daya dukung dalam pembelajaran tematik seperti guru, peserta didik, sarana, sumber belajar, dan media pembelajaran belum memadai dalam beberapa tema pembelajaran. Hal ini disebabkan karena daya dukung dalam pelaksanaan pembelajaran tematik seperti guru, peserta didik, sarana, sumber belajar, dan media pembelajaran belum lengkap dan responden terkadang kurang memanfaatkan sarana dan media pembelajaran yang sudah ada. Tingkat persentasenya adalah 65% yang tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa responden mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti pengetahuan mengenai konsep pembelajaran tematik, minat dan kemauan yang rendah dalam memahami konsep pembelajaran tematik, serta daya dukung yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNainggolan, Elizon196104061987031002
Call Number: SK-2019 PGSD 086
Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31731

Actions (login required)

View Item View Item