PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 2 TALAWI

Lestari, Sri Ayu Bintang (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 2 TALAWI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166172062 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166172062 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166172062 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166172062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166172062 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166172062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166172062 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166172062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166172062 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166172062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166172062 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166172062 TABLES.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166172062 ILUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166172062 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166172062 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166172062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8166172062 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8166172062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166172062 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166172062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik dengan konteks budaya Melayu (PMR-DKBM); 2) Menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PMR-DKBM; 3) Menganalisis pencapaian self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PMR-DKBM; 4) Mengetahui kesalahan jawaban yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis (TKKM). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui PMR-DKBM dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran melalui PMR-DKBM yang dikembangkan di kelas VII-1 dan VII-2 SMP Negeri 2 Talawi. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran melalui PMR-DKBM yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR-DKBM meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; 3) pencapaian self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR-DKBM meningkat, ditinjau dari hasil analisis angket self-efficacy siswa pada uji coba I sebesar 81,34% meningkat menjadi 86,59% pada uji coba II; 4) kesalahan siswa dalam menyelesaikan TKKM pada uji coba I adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip sedangkan pada uji coba II adalah kesalahan operasi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru matematika mengupayakan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Les p
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, PMR-DKBM, kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2019 10:04
Last Modified: 14 Feb 2019 10:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31724

Actions (login required)

View Item
View Item