nilai tujuan implementation sudah masing validity practical objective peningkatan average teacher type ended there tinggi setelah good mendeskripsikan 573 maupun perubahan students' attitude terhadap LKS better taught percentage kategori quality coefficient value secara perangkat swasta proces adalah tool memenuhi result keyword student kemampuan wa pengembangan untuk improvement met positif indikator learning medan research ability klasikal reliabilita siswa book tim koefisien expert realibilita positive tercapai trial pencapaian development creative ordinary including hasil rata sikap daripada prose yaitu meliputi using approach self diperoleh concept ujicoba prakti valid plan ABSTRACT open pembelajaran manner obtained kata kualita terjadi digunakan response mastery kela validita who according berbasi ABSTRAK ini lesson biasa II imelda baik dikembangkan keterlaksanaan used being worksheet model persentase kepraktisan berpikir study change matemati efektivita respon test dilakukan increase jeni also pada clas berbantuan diajarkan mengikuti ha include achieved reliability take based dimana developed device dan than efektif effective minimal kunci category classical effectivenes dengan autograph buku after thinking orang menggunakan assisted out second yang difference skill indicator lebih conducted perbedaan guru penelitian belajar kreatif use mathematical achievement each dari SMP aim bertujuan ahli describe RPP telah juga VIII pendekatan minimum practicality sebesar team high menurut ketuntasan first te