nilai posttest tujuan menjadi baik dikembangkan menunjukkan satu menghasil peserta ada lain coba perorangan teoreti rujukan persentase menyampaikan 168 sampul mengajar setelah berpikir sedangkan tek SIMPULAN krtit aspek keefektifan kurikulum ukuran dijadikan membantu pemerintah pendidik wawancara penyebaran maupun 100 mengajarkan dilakukan dikendalikan rancangan sesuai mampu implikasi termasuk ajar skala berikut kiranya terhadap 171 tambahan dikemukakan bahwa kriteria potensi wawasan ditemukan dilaksanakan menyelesaikan VII pada angket bahasa ilmu menuli simpulan agar penilaian secara pengetahuan kegiatan dinyatakan SARAN adapun tanggapan ekspalanasi 170 masalah adalah 2013 dimana rat materi modul menemukan menarik manfaat 167 belum sebelumnya disekolah pengembangan menambah untuk sebanyak islam dan mempelajari besar eksplanasi tersebut indikator medan IMPLIKASI kegitan mengenai efektif ata siswa meningkatkan rumusan uraian uji produk khususnya sangat bijak kepada bahan menciptakan sumbangan pertama dengan buku data pencapaian total pembahasan dimaksud berkaitan memahami perlu mencapai menggunakan paparkan sarana hasil rata menyenangkan saran amalia lanjut disimpulkan skor yang dapat prose memiliki yaitu dalam penggunaan temuan masih lebih membatu diperoleh sebelum hanya diharapkan guru sampel banyak faktor penelitian memberikan melalui basi belajar sebagai maka 169 prakti desain berupa sehingga isi menyelesakan dari observasi mudah kesimpulan memudahkan SMP terdapat pembelajaran penyajian dipengaruhi berdampak BAB guna oleh ahli DAN kualita paket perolehan validasi perguruan digunakan telah didik kela juga pernah eksplansi dihasilkan berbasi bisa pembelajarannya mengembangkan memperkaya ekspanasi membutuhkan meningkat kecil kelayakan ini dikeluarkan analisi diketahui indonesia pretest terbata berdasarkan penuli salah kemudahan te bagi kriti kebutuhan