PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SUB TEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 055980 AMAN DAMAI TAHUN AJARAN 2017/2018

Ginting, Heryansyah (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SUB TEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 055980 AMAN DAMAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166182019 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166182019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166182019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166182019 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166182019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166182019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166182019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166182019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166182019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, perbedaan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media gambar dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model ekspositori, perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah. Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 055980 Aman Damai Kec.Sirapit yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari kelas IVa 26 Orang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media gambar dan kelas IVb 24 orang yang menggunakan model ekspositori. Digunakan data dalam bentuk tes pilihan berganda dan angket motivasi belajar, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2 x 2 dengan teknik ANAVA 2 jalur. Hasil penelitian ini menunjukan Hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media gambar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model ekspositori. Sig. 0,000 < 0,05, Terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah Sig. 0,000 < 0,05, Terdapat interaksi antara model pembelajarandengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar ditunjukan Sig. 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPerangin-angin, BanganaUNSPECIFIED
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: 371.3 Gin p
Keywords: Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF20 General. Comparative government
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31667

Actions (login required)

View Item View Item