PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Damanik., Merry (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8166122014 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8166122014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8166122014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8166122014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8166122014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8166122014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8166122014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8166122014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8166122014 BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8166122014 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8166122014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran bahasa Indonesia interaktif dengan Adobe Flash CS6 materi teks berita Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa TA. 2018/2019, (2) mengetahui kelayakan dan keefektifan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks berita untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan dengan mengadobsi model William. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dan sitematis yang disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan peserta didik. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi bidang studi Bahasa Indonesia, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media/ domain konstruksi multimedia, tiga siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok, dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kualifikasi sangat, (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik, (3) uji ahli ahli media/desain grafis berada pada kualifikasi sangat baik, (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik ,uji coba kelompok berada pada kualifikasi sangat baik, uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik. Produk akhir dari pengembangan ini dilanjutkan dengan uji keefektifan. Penelitian ini di lakukan di Kelas III VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa semester ganjil.Berjumlah 60 orang. Hasil pengujian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Indonesia materi teks berita Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa TA. 2018/2019 dengan menggunakan media pembelajaran interaktif adobe flash CS6 dengan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks berita Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Morawa TA. 2018/2019 tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif adobe flash CS6. Hal ini ditunjukkan dengan hasil data thit = 4,03 ttabel0,05(2,59) = 1,67 maka th (4,03) >tt (1,67 ) untuk taraf signifikansi (α=0,05) atau dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak, efektifitas penggunaan media pembelajaran sebesar 82,44 %, tanpa media yaitu 74,37 %. Data ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif teks berita lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorMursid, R196607111991031003
Call Number: 371 Dam p
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Bahasa Indonesia, Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31660

Actions (login required)

View Item View Item