ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWDI SMAS MUHAMMADIYAH 8 KISARAN

Sari, Dewi Purnama (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWDI SMAS MUHAMMADIYAH 8 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8166171007 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8166171007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8166171007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8166171007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8166171007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8166171007 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8166171007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8166171007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8166171007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8166171007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial dan self-efficacy menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, meliputi (1) proses berpikir siswa pada kemampuan spasial (2) self-efficacy siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan (3) kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X-IPA2 SMAS muhammadiyah 8 kisaran sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan spasial dan self-efficacy siswa serta aktivitas aktif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan spasial, angket self-efficacy, lembar observasi aktivitas siswa, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Berdasarkan data yang diperoleh, proses berpikir siswa pada kemampuan spasial setelah pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dikategorikan dalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah.(1) Siswa dengan kemampuan spasial tinggi memiliki proses berpikir eksplorasi, pemikiran metodis, berpikiran alogis, berpikir abstrak, sintesis, serendipity, dan mendaur ulang ide. Siswa dengan kemampuan spasial tinggi juga memiliki pengimajinasian yang tinggi. Siswa dengan kemampuan spasial sedang memiliki proses berpikir eksplorasi, serendipity, berpikir analogis, berpikir semi abstrak, dan mendaur ulang ide serta memiliki pengimajinasian yang sedang. Siswa dengan kemampuan spasial rendah dalam memahami masalah menggunakan proses berpikir eksplorasi ,analogis, semi abstrak, sintesis dan memiliki pengimajinasian yang rendah. (2)Secara keseluruhan self-efficacy yang dimiliki siswa sebesar 73.31% dengan kategori sedang, sehingga disimpulkan self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw baik. (3) Keseluruhan prosentase aktivitas aktif siswa yang digunakan selama kegiatan belajar mengajar berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edy195701211989031001
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: 518 Sar a
Keywords: Kemampuan Spasial, Self-Efficacy, Aktivitas Aktif Siswa, Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31652

Actions (login required)

View Item View Item