PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

SUKOCO, DIGDO (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331007 - COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133331007 - LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331007 - RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331007 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331007 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331007 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331007 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331007 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331007 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4133331007 - BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331007 - BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4133331007 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media Puzzle pada pokok bahasan Sistem Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdiri dari enam kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas dimana kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achiement Division (STAD) dengan Puzzle dan kelas IPA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dengan Puzzle. Masing-masing kelas sampel berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal (yang telah divalidkan) dengan pilihan jawaban 5 option. Pada kedua kelas dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 35,0 dan postest adalah 89,5. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol adalah 34,8 dan postest adalah 87,8. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (43,47 > 1,6723), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achiement Division (STAD) dengan Puzzle lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajarkan dengan metode ceramah dengan Puzzle. Rata-rata gain hasil belajar siswa kelas eksperimen 0,841 dan kelas kontrol 0,821.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad19830411 200801 1 005
Call Number: SK-2018 KIM 181
Keywords: Hasil belajar ; Puzzle; Sistem Koloid; STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 13 Dec 2018 09:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31524

Actions (login required)

View Item View Item