DISAIN DAN PEMBUATAN PEMBANGKIT ALIRAN METODE ROLL WIPER UNTUK SISTEM PENGUKURAN KONSENTRASI PORFIRIN-Fe BERBASIS SENSOR GMR

Aminuddin, Ahmad and Djamal, Mitra and Suprijadi, and Tjahyono, Daryono Hadi and Rajagukguk, Juniastel (2015) DISAIN DAN PEMBUATAN PEMBANGKIT ALIRAN METODE ROLL WIPER UNTUK SISTEM PENGUKURAN KONSENTRASI PORFIRIN-Fe BERBASIS SENSOR GMR. In: Seminar Nasional Fisika (SNF) 2015, 6 Jun 2015, Jakarta.

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsn...

Abstract

Telah dibuat pembangkit aliran fluida metode roll wiper yang digunakan pada sistem pengukuran konsentrasi porfirin-Fe berbasis sensor GMR. Sistem pengukuran ini membutuhkan aliran yang rendah dan dapat dikontrol. Pembangkit aliran rendah dapat dihasilkan dengan metode roll wiper. Metode roll wiper bekerja bedasarkan penyapuan sirkular menggunakan tiga roll bearing. Tiga bearing digunakan untuk menekan selang elastik secara bergantian. Bergesernya penekanan bearing terhadap selang elastik menyebabkan aliran fluida. Tiga roll bearing terbagi dengan beban sudut yang sama yaitu 120o dengan jari-jari 30mm terhadap poros sehingga menghasilkan panjang lintasan yang sama. Hasil pengujian menunjukkan, kecepatan motor memiliki sensitivitas terhadap tegangan motor sebesar 4,75rpm/V, kecepatan aliran fluida memiliki sensitivitas terhadap tegangan motor sebesar 0,015mL/V dan motor mulai merespon setelah pemberian tegangan motor lebih besar dari 3 volt.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembangkit aliran fluida; Metode Roll Wiper; Sensitivitas
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31507

Actions (login required)

View Item View Item